SPR Kabawetan Berkembang Pesat

SPR Kabawetan Berkembang Pesat

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP--

RK ONLINE - Kecamatan Kabawetan dipusatkan sebagai Sentra Peternakan Rakyat (SPR) di Kabupaten Kepahiang, sesuai dengan regulasi daerah. SPR itu mampu meningkatkan populasi mencapai 3.200 ekor dan populasi kambing mencapai 2.500 ekor. Disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP, pengembangan sektor peternakan tersebut terdiri lebih dari 62 Kelompok Petani (Poktan) yang juga menerapkan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus SIWAB) melalui sistem Inseminasi Buatan (IB), sebagai solusi untuk meningkatkan populasi ternak.

Ia menjelaskan, Kecamatan Kabawetan dijadikan sebagai SPR sejak tahun 2017 lalu berdasarkan Peraturan Daerah bahwa wilayah tersebut merupakan kawasan peternakan dan pertanian hortikultura.

"Melalui penetapan itu, SPR kini mampu mengembangkan ternak seperti sapi dan kambing yang jumlahnya sudah mencapai ribuan. Berkembangnya sentra peternakan ini tentu berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Hernawan.

 

BACA JUGA:Penggiat Kopi Minta Suport Pemerintah Daerah untuk Melestarikan Produk Lokal

 

Tingginya populasi sapi di Kabupaten Kepahiang, diterangkan Hernawan, penyediaan daging wajib dilakukan seiring meningkatnya konsumsi masyarakat. Penyediaan ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memperkuat swasembada potein.

"Selain Upsus SIWAB, upaya peningkatan populasi juga dilakukan melalui pengendalian pemotongan sapi betina produktif. Hasilnya, upaya ini mampu menekan pemotongan sapi betina," jelas Hernawan.

Sumber:

Berita Terkait