Tunggu Hasil Penilaian Aset PDAM TTE

Tunggu Hasil Penilaian Aset PDAM TTE

DOK/RK : PDAM TTE--

RK ONLINE - Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Setkab Lebong masih menunggu hasil penilaian oleh Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) terhadap 20 aset milik PDAM Tirta Tebo Emas (TTE) yang sebelumnya sudah didata.

"Kami masih menunggu hasil penilaian dari KJPP. Mudah-mudahan sebentar lagi hasilnya sudah kami terima, " kata Kabag Ekonomi dan SDA Setkab Lebong Antonius Anaperta, SE, M.Si.

Lebih jauh dijelaskannya, nilai tersebut nantinya akan disampaikan ke DPRD Lebong sebagai upaya merubah status PDAM dari BUMD menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Pasalnya dalam perubahan status tersebut, DPRD Lebong juga sempat meminta rincian aset yang dimiliki oleh PDAM TTE. "Raperda perubahan status PDAM dai BUMD menjadi Perumda sendiri sudah sempat dibahas bersama DPRD Lebong. Namun belum bisa dilanjutkan karena dewan meminta daftar dan nilai aset, " kata Anton.

Ia mengaku pendataan yang dilakukan baru menjangkau aset gedung dan tanah. Artinya, belum seluruh aset yang dilakukan pendataan. Kendalanya adalah waktu hingga keterbatasan anggaran yang mereka miliki.

 

BACA JUGA:Baru 20 Aset PDAM TTE Terdata

 

"Dalam penataan aset ini kami turun langsung ke lapangan bersama KJPP. Aset yang sudah di data diantaranya seperti, tanah, gedung bangunan hingga bak penangkapan air, " kata Antonius.

Ke-20 aset yang sudah didata itu merupakan perolehan dari tahun 1991 hingga 2015 yang tersebar di beberapa kecamatan. Ia mengatakan, proses pendataan ini akan terus dilaksanakan pihaknya secara bertahap dengan catatan didukung dengan ketersediaan anggaran. Termasuk pendataan jaringan pipa air bersih yang sejauh ini memang belum didata. "Khusus untuk aset jaringan perpipaan memang belum dilakukan pendataan mengingat keterbatasan waktu dan anggaran yang kami miliki, " singkatnya.

Sumber: