Perbaharui Informasi

Perbaharui Informasi

DOK/RK : Kadistan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Hernawan, S. PKP--

RK ONLINE - Guna mendukung mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani, peran penyuluh sangat penting sebagai garda terdepan. Untuk itu sampai Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP, penyuluh wajib mengupgrade ilmu pengetahuan pertanian, mengingat Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang masing-masing di bawah binaan BPP Kecamatan berupaya meningkatkan kapasitas SDM pertanian.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Pertanian, dijelaskan Hernawan, sudah merekrut tenaga PPL sebanyak 80 orang yang ditempatkan pada seluruh desa dan kelurahan.

"Penyuluh pertanian lapangan ini menjadi garda terdepan mendampingi petani, untuk itu pada beberapa kesempatan Distan menyelenggarakan pelatihan maupun pembinaan, yang diharapkan juga dilakukan BPP, guna mengupgrade pengetahuan penyuluh," sampai Hernawan.

Menurutnya, agar penyuluh semangat dalam melaksanakan tugasnya, SDM harus diberdayakan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki agar menghasilkan hasil yang baik. Di tengah gencarnya teknologi saat ini, kompetensi, pengetahuan, sikap dan keterampilan semakin meningkat, pertanian harus semakin maju, mandiri dan modern.

 

BACA JUGA:102 THL Pertanian dan PPL Masuk Pendataan

 

"Diharapkan, kualitas kinerja penyuluh pertanian yang profesional terus diterapkan, ke depan agar semakin kreatif, serta responsif dalam melaksanakan tugas yang didasarkan atas disiplin ilmu pengetahuan, metodologi dan analisis yang tepat sesuai dengan potensi di wilayah kerjanya bagi pemecahan permasalahan usaha tani," singkat Hernawan. (rfm)

Sumber:

Berita Terkait