Tidak Ada Perpanjangan Waktu Pendaftaran Panwascam

Tidak Ada Perpanjangan Waktu Pendaftaran Panwascam

DOK/RK : DAFTAR : Peserta yang melakukan pendaftaran calon Panwascam.--

173 Berkas Dicek

 

RK ONLINE - Selasa (27/9) pukul 17.00 WIB, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepahiang resmi menutup pendaftaran seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Pemilu serentak 2024. Hasil akhir, Bawaslu Kabupaten Kepahiang menerima 173 berkas pendaftaran dari total 8 kecamatan di Kabupaten Kepahiang. Dari hasil akhir juga, Bawaslu Kepahiang memastikan proses pendaftaran tidak akan diperpenjang. Karena 2 kecamatan yang sebelumnya kekurangan kuota keterwakilan perempuan (Kecamatan Kabawetan dan Kecamatan Muara Kemumu, red) sudah mencukupi, sehingga seleksi akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya. 

Anggota Bawaslu Kabupaten Kepahiang, Zaynal, MH mengatakan, total 173 berkas pendaftar seluruhnya akan masuk ke tahapan lanjutan berupa seleksi kelengkapan administrasi. Dengan tahapan yang dilanjutkan kepada seleksi administrasi, artinya tidak ada perpanjangan proses pendaftaran Panwascam di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepahiang.

"Dalam setiap kecamatan kuota pendaftarnya terpenuhi, selain itu kuota pendaftar perempuan juga terpenuhi. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak melanjutkan ke tahapan berikutnya," kata Zaynal. 

Sesuai dengan tahapan yang telah dijadwalkan, berkas yang disampaikan ke Bawaslu Kepahiang akan dilakukan pengecekan satu persatu. Apakah sudah lengkap sesuai dengan syarat yang ditentukan atau tidak. Selain itu, Bawaslu juga akan melakukan pengecekan nama pendaftar dalam Sistem Informasi Politik (Sipol). Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah pendaftar masuk kepengurusan Parpol atau tidak.

"Berkas yang disampaikan akan kita cek kelengkapannya serta memastikan jika pendaftar tidak melanggar sejumlah ketentuan yang telah ditetapkan, termasuk dalam kepengurusan Parpol. Hasil akhir seleksi pemberkasan nantinya akan kita umumkan tertanggal 12 Oktober," sampai Zaynal. 

 

BACA JUGA:Berkas Sudah Ratusan, Perekrutan Panwascam Partisipasi Perempuan Masih Kurang

 

Bagi yang lulus pemberkasan, akan mengikuti tahapan tes tertulis yang akan dilaksanakan 14 - 16 Oktober. Hasil tes tertulis diumumkan pada 17 Oktober. Peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan pada 18 - 22 Oktober.

"Untuk pengumuman akhir dilaksanakan pada 25 Oktober. Sementara pelantikan dilaksanakan 3 hari kemudian yakni pada 28 Oktober. Ketika tahapan seleksi sudah dilakukan tidak akan berhenti dan akan terus dilanjutkan hingga menentukan 24 orang yang akan terpilih nantinya," demikian Zaynal.

Sumber: