7 Kecamatan Tidak Kebagian Perbaikan Lampu Jalan

7 Kecamatan Tidak Kebagian Perbaikan Lampu Jalan

Salah satu lampu jalan yang ada di Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang.--

RK ONLINE - Sempat dikabarkan akan diakomodir secara keseluruhan, rencana perbaikan dan pemeliharaan lampu jalan di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu ternyata belum sepenuhnya bisa diprioritaskan. 

 

Pasalnya dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepahiang, hasil pembahasan Banggar dan TAPD Kabupaten Kepahiang memutuskan kalau APBD Perubahan TA 2022, hanya mampu mengakomodir perbaikan dan pemeliharaan lampu jalan di wilayah Kecamatan Kepahiang saja. Sementara 7 kecamatan lainnya dipastikan belum kebagian dengan alasan keterbatasan anggaran.

 

Diketahui kalau sebelumnya, proses pemabahasan APBD Perubahan mengakomodir penambahan anggaran untuk Dinas Perhubungan (Dishub) Rp 1.492.753.689 dari usulan sebelumnya Rp 2.220.030.711. Sehingga total anggaran untuk Dishub Kabupaten Kepahiang menjadi Rp 3.712.784.400. Namun dari penambahan anggaran tersebut, yang dialokasikan untuk perbaikan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) hanya Rp 300 juta saja. 

 

Dengan demikian perbaikan lampu jalan di penghujung 2022 ini, hanya bisa mengakomodir satu kecamatan yakni saja yakni Kecamatan Kepahiang. Sementara masyarakat di 7 kecamatan lainnya, diminta untuk tetap bersabar. 

BACA JUGA:BBM Naik! Ini Daftar Tarif Angkot dan Angdes Terbaru di Kepahiang

Kadis Perhubungan Kabupaten Kepahiang, Febrian Hendra, S.Sos mengatakan, awalnya pengajuan anggaran yang disampaikan di dalam APBD Perubahan Kabupaten Kepahiang, mencapai Rp 1 miliar lebih untuk perbaikan LPJU. Namun di dalam pembahasan, perbaikan lampu jalan hanya diakomodir diangka Rp 300 juta. Akibatnya tidak seluruh LPJU di Kabupaten Kepahiang bisa diperbaiki. 

 

"Untuk perbaikan LJPU, anggarannya Rp 300 juta, sehingga tahap awal perbaikan lampu jalan hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Kepahiang. Untuk perbaikan lampu jalan di 7 kecamatan lainnya diusulkan kembali tahun 2023," kata Febrian, Selasa 27 September 2022.

 

Diterangkannya kalau dengan anggaran yang hanya Rp 300 juta, tidak memungkinkan dilakukan perbaikan terhadap seluruh LPJU rusak yang jumlahnya mencapai 775 titik. Namun dengan anggaran tersebut, Dishub Kabupaten Kepahiang memastikan seluruh kerusakan lampu jalan di wilayah Kecamatan Kepahiang akan dperbaiki.

 

Sumber: