Dinkes "Kecewa"

Dinkes

Nasib kepala puskesmas terduga pelaku pencabulan bidan desa bakal ditentukan bupati Kepahiang/Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, SKM,M.Si--Radarkepahiang.id

RK ONLINE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang tidak bisa berbuat banyak dalam melaksanakan pembangunan dari sektor fasilitas kesehatan pada tahun depan. Kenapa? karena tahun 2023 mendatang Dinkes Kabupaten Kepahiang hanya mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebesar Rp 500 juta. Padahal usulan yang disampaikan oleh Dinkes Kabupaten Kepahiang mencapai puluhan miliar. 

Kepala Dinkes Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, SKM, M.Si menyampaikan, pihaknya sudah mendapatkan informasi jika hanya mendapatkan DAK Rp 500 juta TA 2023. "Dengan anggaran segitu, jelas kami tidak bisa berbuat banyak. Terlebih untuk melaksanakan pembangunan mengandalkan dana APBD dengan kondisi keuangan daerah seperti ini, tentu tidak bisa dilakukan. Jadi, tolong dimaklumi kemampuan kami (Pembangunan, red) tahun depan," ucap Tajri dengan nada kecewa. 

Menurutnya, DAK Rp 500 juta tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli beberapa alat elektronik. "Kalau segitu, ya bisanya hanya itu (Pengadaan alat elektronik, red) dan tidak bisa melakukan pembangunan fisik. Saya sejauh ini belum mengetahui apa penyebab sehingga kami hanya mendapatkan DAK Rp 500 juta," singkatnya.

 

Sumber: