ANBK Jenjang SD Dilaksanakan Bulan Depan

ANBK Jenjang SD Dilaksanakan Bulan Depan

Pemkab Kepahiang dan Dikbud melaksanakan monitoring ANBK SMP 2022 beberapa waktu lalu.--

RK ONLINE - Setelah sebelumnya SMP sederajat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu memastikan jika Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SD juga akan diselenggarakan.

 

Bahkan jika tidak ada perubahan dan kendala, Dikbud Kabupaten Kepahiang sudah menjadwalkan jika ANBK seingkat SD ini, diselenggarakan Oktober 2022 mendatang.

 

BACA JUGA:Bansos BBM, Ribuan Pelaku UMKM Mulai Didata

Hal ini disampaikan Kepala Dikbud Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Nining Fawelly Pasju, S.Pt, MM, Sabtu 24 September 2022. Dikatakannya bahwa ANBK tingkat SD diperkirakan akan berlangsung bulan depan.

 

"ANBK SMP sudah selesai sekarang tinggal menunggu jadwal ANBK SD. Jika tidak ada perubahan, ANBK SD ini diselenggarakan bulan depan," terang Kadis Dikbud Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt, MM, Sabtu 24 September 2022. 

 

Terkait pelaksanaannya, Nining mengungkapkan jika nantinya tidak akan jauh berbeda dengan ANBK jenjang SMP. Meskipun belum bisa memastikan berapa pesertanya, Nining memastikan jika ANBK SD akan diselenggarakan karena menjadi bagian penilaian mereka terhadap sekolah. Mulai dari penilaian terhadap literasi siswa, numerasi, survey karakter dan survey lingkungan siswa. 

 

"Dari keempat item ini dapat kita lihat, seberapa jauh tingkat kebiasaan anak dalam membaca, kemampuan anak dalam mengelola numerasi, tentang gendernya, tentang karakternya serta keterlibatannya dalam menjaga lingkungan," lanjutnya.

BACA JUGA:Tolak Seragam, Wali Murid SDN 6 Kepahiang Tuntut Uang Kembali

Sebelumnya ANBK SMP di Kabupaten Kepahiang diikuti 885 peserta yang tersebar di 29 sekolah. Namun karena keterbatasan Sarpras dan jaringan internet, sedikitnya ada 6 sekolah yang melaksanakan ANBK dengan cara menumpang di sekolah terdekatnnya. Meskipun demikian Nining memastikan kalau hingga ANBK selesai, semuannya berjalan dengan baik tanpa menemui kendala.

Sumber: