Pemkab Lebong Gandeng BRIN

Pemkab Lebong Gandeng BRIN

DOK/IST/RK : KERJASAMA : Bupati Lebong Kopli Ansori bersama bersama Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN Yopi menunjukkan nota kesepakatan dalam kerjasama pengembangan pembangunan daerah.--

Kembangkan Pembangunan Daerah

 

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam upaya memaksimalkan pengambangan pembangunan daerah. Bahkan kemarin (22/9), dilakukan penandatangan nota kesepakan antara Pemkab Lebong dengan BRIN di Jakarta. Dalam hal ini langsung dilakukan oleh Bupati Lebong Kopli Ansori dengan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Yopi. 

Dalam kerjasama tersebut, ada beberapa sektor yang menjadi fokus pengembangan pembangunan daerah. Mulai dari sektor pertanian, industri, teknologi, ketahanan pangan daerah hingga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Bupati Lebong, Kopli Ansori mengatakan kerjasama ini diharapkan dapat memaksimalkan pengembangan pembangunan Kabupaten Lebong kedepan. Salah satunya adalah mengembangan dan mengaplikasikan teknologi dalam meningkatkan kualitas dan produksi sektor pertanian. Hal ini sebagai salah satu inovasi dalam optimalisasi tanam dua kali setahun yang saat ini digencarkan Pemkab Lebong.

"Pemanfatan teknologi tepat gua di bidang pertanian ini menunjang berbagai kebutuhan. Seperti ketersediaan bibit padi varietas unggul, ketersediaan pupuk organik, alsintan hingga alat pengendali hama seperti tikus, wereng dan lainnya, " kata Kopli.

 

BACA JUGA:Hari Pertama, Bawaslu Lebong Terima 32 Berkas Pendaftar

 

Selain dibidang pertanian, implementasi  dan alih teknologi tepat guna untuk pengembangan produk unggulan lokal melalui pelatihan, pendampingan dan penyediaan sarana dan prasarana untuk pendukung. 

"Hal ini diharapkan bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat di sektor industri dan UMKM, " singkatnya.

Diketahui, kerjasama antara Pemkab Lebong dengan BRIN tersebut akan berlangsung hingga 2026 atau 4 tahun mendatang. Dalam kerjasama ini, nantinya BRIN akan menyusun dan menyiapkan rencana kegiatan sebagai rujukan pelaksanaan pengembangan pembangunan di Kabupaten Lebong.

Sumber: