CFD Kembali Digelar, Masyarakat Diwarning Jaga Kebersihan

CFD Kembali Digelar, Masyarakat Diwarning Jaga Kebersihan

DOK/RK : Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar--

RK ONLINE - Setelah terhenti dalam dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah memastikan jika pelaksaan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) akan kembali dilaksanakan di kawasan pantai panjang Kota Bengkulu. 

"Sebelumnya kita sudah rapat yang dipimpin langsung pak sekda, rencananya kita akan kembali mengaktifkan CFD atau hari bebas berkendara di kawasan pantai Panjang," papar Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Drs. Khairil Anwar, M.Si.

CFD yang akan dilaksanakan direncanakan akan dilauncing langsung oleh Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA pada minggu kedua Oktober mendatang. Rutenya mulai dari bundaran kawasan Pantai Pasir Putih hingga kawasan taman Berkas. 

"Untuk tahap pertama kita akan buat kegiatan sebanyak dua kali dalam sebulan yakni minggu kedua dan keempat. Dalam launcing ini akan dilaksanakan berbagai kegiatan dan akan mengundang masyarakat, organisasi atau komunitas untuk dapat berpartisipasi aktif dalam legiatan. Misalnya membuat atraksi, bakti sosial, pengobatan gratis dan lainnya. Hal ini kita perbolehkan," papar Khairil. 

Dalam pelaksanaan CFD ini juga akan dilibatkan para pedagang kecil atau para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) untuk menawarkan produknya kepada peserta yang mengikuti aktivitas CFD. Sehingga dalam hal ini juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Kita dapat melihat contoh dan belajar dari kota-kota lain, pelaksaan CFD itukan pasti akan datang masyarakat dalam jumlah banyak. Nah ini kesempatan bagi pelaku UMKM," tuturnya. 

 

BACA JUGA:Aktivitas Car Free Day Kembali Diaktifkan

 

 

Walaupun demikian, lanjut Khairil, pihaknya mengimbau peserta CFD dan pelaku UMKM untuk sentiasa memperhatikan kebersihan dilokasi pelaksaan kegiatan. 

"Tetap imbauan kita untuk tetap menjaga kebersihan, kerapiannya, ketertibannya karena hal ini yang penting dilakukan. Insya allah pelaksaannya pada jam 6 pagi sampai jam 10 pagi," imbuhnya. 

Khairil menambahkan, sebelum pelaksanaan kegiatan CFD Pemprov juga akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai dengan melibatkan komponen masyarakat dan para pedagang. Sehingga kebersihan kawasan pantai panjang terus terjaga dengan baik. 

"Seminggu sebelum CFD kita akan melaksanakan gerakan bersih pantai dahulu," pungkasnya.

Sumber: