Waspada Potensi Angin Kencang

Waspada Potensi Angin Kencang

DOK/RK : CUACA : Kondisi cuaca Kota Bengkulu yang kerap berubah--

RK ONLINE - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengingatkan masyarakat untuk sentiasa berhati-hati dan waspada terhadap kondisi cuaca. Pasalnya, saat ini sedang masa peralihan musim yang karap terjadi perubahan cuaca dengan diiringi fenomena angin kencang. Terlebih angin kencang sendiri telah menerjang Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) pada Selasa (20/9) lalu yang menyebabkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan. 

Prakirawan BMKG Bengkulu, Rahyu Meilan Sari mengatakan, bencana angin kencang di wilayah Kabupaten Benteng beberapa waktu lalu menjadi salah satu akibat peralihan musim.

"Kejadian di Bengkulu Tengah beberapa hari lalu sebetulnya bukan puting beliung, tapi angin kencang yang disebabkan karena adanya awan cumolonimbus," paparnya. 

Dari catatan BMKG angin kencang dengan kecepatan angin diatas 25 knot ini sudah terjadi berulang kali di Provinsi Bengkulu dalam beberapa waktu terakhir. Tercatat, sepanjang tahun 2022 sudah terjadi 6 kali terjangan angin kencang yakni di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 2 kali, Kepahiang satu kali, Kaur satu kali dan terbaru di Kabupaten Benteng. 

 

BACA JUGA:Waspada Hujan dan Angin Kencang

 

BMKG mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati serta waspada saat kondisi cuaca berubah dan terjadi angin kencang. Serta menghindari lokasi yang membahayakan seperti pohon rawan tumbang, baliho, dan lokasi lainnya.  Selain itu, jika kondisi cuaca memang tidak mendukung, masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Namun jika memiliki kepentingan, diingatkan untuk selalu waspada. 

"Selalu waspada, dan perhatikan kondisi cuaca disekitar kita," singkat Rahyu.

Sumber: