DBH Semester II Belum Direalisasikan Penuh

DBH Semester II Belum Direalisasikan Penuh

DOK/Net : Ilustrasi DBH--

RK ONLINE - Meski sudah mendekati akhir Desember 2022, transfer Dana Bagi Hasil dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu belum juga diterima seutuhnya. Hingga kemarin (21/9) baru DBH triwulan I dan DBH triwulan II yang sudah disalurkan. Itu pun untuk triwulan II belum sepenuhnya, baru dua item yang disalurkan. 

Kabid Pendapatan BKD Lebong, Monginsidi, S.Sos mengatakan DBH yang diterima pada triwulan I yaitu sebesar Rp 6,7 miliar. Sementara untuk triwulan II, kira-kira baru diangka Rp 3 miliar saja. 

"Rata-rata penerimaan DBH diangka Rp 5 hingga Rp 6 miliar setiap triwulannya. Bervariatif, tergantung dengan penerimaan pajak Pemprov Bengkulu, " kata Monginsidi.

Dilanjutkannya, dalam satu tahun, DBH disalurkan sebanyak 4 kali yakni per triwulan. Ia berharap Pemprov Bengkulu bisa segera menyelesaikan DBH triwulan II. Terlebih saat ini sudah memasuki September yang artinya triwulan II 2022 sudah lewat. Menurutnya Pemkab Lebong mendorong dan mendukung penuh aktivitas Pemprov Bengkulu dalam menghimpun pajak yang objeknya berada di Kabupaten Lebong.

 

BACA JUGA:Pemkab Lebong Belum Terima DBH Triwulan II

 

Namun disisi lain ia berharap agar penyaluran DBH juga bisa dilakukan tepat waktu, apalagi sampai menjadi piutang. Mengingat DBH merupakan salah satu sektor pendapatan daerah yang bisa mempengaruhi keuangan daerah.

"Kami masih sangat berharap Pemprov Bengkulu dapat menyalurkan DBH tersebut mengingat saat ini sudah memasuki triwulan ketiga. Terlebih DBH akan digunakan dalam menunjang kinerja dan pembangunan di Kabupaten Lebong, " singkatnya.

Sumber: