382 Anak Yatim Piatu Belum Terdata

382 Anak Yatim Piatu Belum Terdata

Verifikasi dan validasi data anak yatimk piatu di Kabupaten Kepahiang. --

RK ONLINE - Berdasarkan data Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), ada 400 yatim piatu yang tersebar dan berdomisili di 8 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.

 

Namun berdasarkan hasil pendataan sementara Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang, sejauh ini baru ada 18 yatim piatu yang sudah terdata. Sedangkan untuk 382 yatim piatu lainnya belum terdata dan masih dalam proses verifikasi dan validasi.

 

Kadis Sosial Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd mengungkapkan jika dari 8 kecamatan di Kabupaten Kepahiang, sedikitnya 6 kecamatan sudah mereka verifikasi dan validasi. Hanya saja dari 6 kecamatan ini menurut Helmi, pihaknya hanya berhasil mendata 18 anak yatim piatu saja. 

 

"Data awal banyak tetapi setelah dilakukan validasi, hanya ditemukan 18 anak yatim piatu saja di 6 kecamatan ini. Artinya jika dibandingkan dengan data awal, masih ada 382 anak yatim yang belum terdata," ujar Helmi.

BACA JUGA:Wajib Lunas Akhir Bulan Ini, Jika Tidak...

Diakui Helmi kalau untuk melakukan verifikasi dan validasi data anak yatim piatu ini, pihaknya harus benar-benar turun langsung ke lapangan dan melakukan pengecekan satu persatu. Sedangkan untuk hasilnya, data yang saat ini dimiliki kementerian, ternyata banyak yang tidak sinkron. 

 

Buktinya tidak hanya anak yang masih berstatus yatim saja, tetapi anak yang memang masih memiliki orang tua yang lengkap juga disebutkan berstatus sebagai yatim piatu. Sedangkan instruksi yang mereka terima, adalah melakukan verfikasi dan validasi terhadap anak yang sudah berstatus yatim piatu.

 

"Ada yang baru yatim saja bahkan ada juga yang memang orang tuannya masih lengkap semua. Tapi kalau 18 anak yatim 

piatu yang saya sampaikan tadi, itu sudah terdata dengan baik," sampai Helmi. 

Sumber: