Berpotensi Hujan

Berpotensi Hujan

DOK/Net : Ilustrasi Prakiraan Cuaca--

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang kembali diingatkan agar waspada bencana alam yang dapat kapan saja terjadi. Baik itu banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang. Mengingat wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi diguyur hujan intensitas ringan hingga lebat diserati petir dengan durasi singkat. Selain potensi hujan, wilayah Kabupaten Kepahiang juga berpotensi kabut embun pada malam hingga pagi hari, yang dimungkinkan bisa berdampak terhadap jarak pandang khususnya para pengendara. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Anton Sugiarto menyampaikan, potensi hujan di wilayah Kabupaten Kepahiang terjadi kisaran pukul 10.00 WIB yang diawali hujan ringan. Selanjutnya kisaran pukul 13.00 WIB berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir.

"Selain itu ada juga potensi kabut embun kisaran pukul 19.00 WIB hingga waktu subuh, bahkan bisa sampai pagi kisaran pukul 07.00 WIB," papar Anton.

 

BACA JUGA:Berpotensi Hujan

 

Lebih lanjut disampaikan Anton, potensi hujan yang terjadi disebabkan adanya belokan angin dan konvergensi di wilayah Provinsi Bengkulu. Selanjutnya ada suplai uap air dari samudera hindia ke wilayah sumtera bagian barat yang signifikan. Kemudian dipengaruhi kelembaban udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas, juga labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer Bengkulu.

"Sejumlah penyebab ini menjadikan wilayah Kepahiang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat," demikian Anton.

Sumber: