Baznas Akan Optimalkan Program SKSS

Baznas Akan Optimalkan Program SKSS

DOK/RK : Kepala Baznas Provinsi Bengkulu, Fazrul Hamidi--

RK ONLINE - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bengkulu akanemberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS).

Ketua Baznas Provinsi Bengkulu, Dr. Fazrul  Hamidi, SH, MH memaparkan, program satu keluarga satu sarjana merupakan kerjasama antara Pemprov dan Baznas ini diutamakan menyasar keluarga tidak mampu serta baru pertama kalinya menguliahkan anaknya. Serta ada serangkaian tes untuk menentukan kelayakan untuk menjadi penerima babtuan.  "Keluarga yang akan menerima bantuan merupakan keluarga yang belum pernah menguliahkan anaknya, dan terdata sebagai keluarga kurang mampu," katanya, Jumat (16/9). 

Lebih lanjut, program yang baru 2 tahun ini, sudah ada 12 penerima beasiswa yang diberikan. Yang artinya dalam satu tahun Baznas menerima 6 orang yang di bantu kuliah hingga lulus sarjana. 

Nantinya, dengan program bantuan SKSS tersebut bagi para penerima bantuan akan diberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 600 ribu per bulan dari Baznas. Bantuan akan diberikan hingga anak yang bersangkutan lulus kuliah atau hingga semester 8.

"Satu keluarga satu sarjana atau istilahnya SKSS nantinya bagi mahasiswa yang menerima akan diberikan bantuan hingga tamat," papar Fazrul. 

Dirinya menghimbau bagi masyarakat yang merasa layak mendapatkan bantuan dapat mengusulkan untuk menerima bantuan. Hanya saja dalam pengurusan harus sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan dalam perekrutan.

"Dalam perekrutannya juga ada test, memang dari keluarga tidak mampu dan juga ada surat pernyataan. Kalau penerima beasiswa ini tidak tamat, maka bantuan ini harus dikembalikan, karena masih banyak juga orang yang membutuhkan," singkat Fazrul.

Sumber: