Lelang Mobnas Dimanfaatkan Pelaku Penipuan

Lelang Mobnas Dimanfaatkan Pelaku Penipuan

DOK/RK : DIKANDANGKAN : Mobnas milik Pemkab Lebong yang akan dilakukan lelang dalam waktu dekat sudah dikandangkan di halaman kantor BKD Lebong.--

RK ONLINE - Rencana lelang mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong rupanya dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab dalam melakukan aksi penipuan. Modusnya, pelaku menghubungi calon korban dan menjanjikan bisa mengkondisikan pemenang lelang. Balasannya, pelaku meminta sejumlah uang dengan cara transfer. 

Dikonfirmasi, Kabid Aset BKD Lebong Rizka Putra Utama, SE, M.Si tak menampik informasi tersebut. Bahkan ia mengaku sudah menerima pengaduan dari 2 orang yang dihubungi pelaku. Ia menegaskan jika proses pelaksanaan lelang akan dilakukan secara tersebuka dan bisa diikuti oleh siapa saja. Pemenangnya pun ditentukan dari hasil penawaran tertinggi saat pelaksanaan lelang.

"Jika ada masyarakat yang dihubungi oleh siapa pun itu, mengaku bisa mengkondisikan lelang, jangan percaya. Apalagi dibalik itu, akhir-akhirnya pelaku meminta transfer sejumlah uang, " tegas Putra sapaan akrabnya.

Bahkan, ia meminta agar masyarakat yang dihubungi pelaku untuk segera melaporkan hal itu ke Aparat Penegak Hukum (APH) agar bisa diproses. 

"Sekali lagi kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya. Masyarakat harus cerdas, jangan mudah termakan bujuk rayu pelaku karena pelaksanaan lelangnya sendiri akan dilakukan oleh KPKNL dan terbuka untuk umum, " lanjutnya.

 

BACA JUGA:Lelang 36 Unit Mobnas Segera ke KPKNL

 

Disisi lain, saat ini pihaknya masih berupaya menuntaskan berkas administrasi yang nantinya akan disampaikan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Bengkulu. Prosesnya saat ini masih dalam tahap upload data kendaraan bakal lelang ke website  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dijadwalkan, pekan depan pihaknya akan langsung mendatangi KPKN Bengkulu untuk menyerahkan berkas fisik lelang sekaligus koordinasi dalam menetapkan jadwal pelaksanaan lelang.

"Kami masih berupaya menyiapkan segala bentuk administrasi terkait rencana pelaksanaan lelang ini, " tambahnya.

 

BACA JUGA:36 Unit Mobnas Ditarget Hasilkan Lebih Rp 1 Miliar

 

Lebih jauh, Putra mengatakan dari 47 unit mobnas yang sebelumnya masuk dalam rencana penghapusan aset, hanya 33 diantaranya yang dipastikan akan dilakukan lelang. Dengan rincian 32 unit dilakukan lelang terbuka dan 1 unit lainnya dilakukan penjualan langsung.

Sumber: