November Ini, 200 Sambungan Listrik Gratis Direalisasikan

November Ini, 200 Sambungan Listrik Gratis Direalisasikan

DOK/RK : LISTRIK : November Pemprov realisasikan sambungan listrik gratis--

RK ONLINE - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan merealisasikan program sambungan listrik gratis yang merupakan salah satu program unggulan gubernur dan wakil gubernur pada bulan November mendatang. 

Sebelumnya ada 175 sambungan yang akan disalurkan kepada masyarakat. Namun karena adanya perubahan, dalam realisasi yang akan dilakukan November mendatang ada 200 sambungan listrik gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat yang layak menerima. 

200 sambungan tersebut sebanyak 175 sambungan yang sebelumnya dialokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 dengan total  anggaran Rp 325 juta. Sedangkan tambahan sebanyak 25 sambungan dari APBD perubahan tahun 2022.

Bantuan ini akan direalisasikan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu dan tersebar di tiga wilayah yakni Kabupaten Kepahiang, Lebong, dan Bengkulu Selatan.

"Program ini akan direalisasikan pada triwukan keempat dan diusahakan sebelum Desember. Untuk sasaran tersebar di tiga wilayah yakni Bengkulu Selatan 25 sambungan, Kepahaing 75 sambungan, dan Lebong 100 sambungan," kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani. 

 

BACA JUGA:175 Sambungan Listrik Gratis Direalisasikan Bulan Ini

 

Sementara itu, saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi ulang data yang diterima untuk masyarakat penerima manfaat dan melakukan pengecekan agar penerima benar-benar belum memiliki sambungan listrik di rumahnya. 

Adapun kelompok sasaran penerima bantuan akan diberikan bantuan sambungan listrik dengan daya 450 KWh, prioritas  diperuntukkan bagi daerah yang belum memiliki sambungan listrik.  "Data yang diberikan akan dilakukan verifikasi kembali untuk melihat kelayakan penerima bantuan," singkat Mulyani.

Sumber: