Hanya 10 Ha

Hanya 10 Ha

DOK/Net : Bawang Putih--

RK ONLINE - Kurang diminati masyarakat petani, lantaran komoditas bawang putih tidak menjanjikan. Maka pada tahun anggaran 2022 ini Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang hanya menerima bantuan benih bawang putih 10 Ha dari 30 Ha yang dialokasikan Kementerian Pertanian. Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP melalui Kepala Bidang, Hortikultura, Sp beralasan, budidaya bawang putih lebih sulit sehingga rentan terjadi gagal panen.

Tak ingin program pemerintah pusat tersebut gagal di Kabupaten Kepahiang, menjadi alasan pihaknya hanya menerima 10 Ha saja. "Pertama, masyarakat petani kita kurang meminati bawang putih ini, karena budidayanya yang sulit. Khawatir produktifitasnya yang tidak maksimal nanti program pemerintah gagal dan juga hasil panen bawang putih ini sulit bersaing," ujar Budi.

Tak ingin program Hortikultura dari sektor komoditas bawang putih tersebut batal, dijelaskan Budi, benih yang akan ditanam pada 10 Ha lahan tetap diupayakan pengembangannya. Namun nantinya, kata Budi pihaknya akan melakukan survey kesiapan lahan dan calon petani yang akan melaksanakan budidaya bawang putih ini.

 

BACA JUGA:Budidaya Bawang Putih Dinilai Tidak Menjanjikan

 

"Walaupun tidak menjanjikan, masih ada petani di daerah kita yang mau membudidayakan bawang putih, namun nantinya tak lepas dari pemantauan kita sejauh mana kesiapan lahan dan petani untuk membudidayakan bawang putih," jelas Budi.

Budi memaparkan, tahun ini Kementerian Pertanian mengalokasikan 20 bawang merah, 10 Ha bawang putih, 30 Ha cabai, 10 Ha jahe, 30 Ha alpukat, 30 Ha jeruk dan 20 ha kelengkeng. Bantuan tersebut dilengkapi dengan saprodi, yakni pupuk maupun alat pascapanen.

Sumber: