Ada ODGJ Dipasung Dalam Kerangkeng

Ada ODGJ Dipasung Dalam Kerangkeng

DOK/RK : DIKURUNG : ODGJ di Kecamatan Tubei terpaksa dikurung dalam kerangkeng mirip sel tahanan.--

RK ONLINE  - Data Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebong, ada 123 masyarakat di Bumei Swarang Patang Stumang menyandang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tersebar di 12 kecamatan. Bahkan di Kecamatan Tibei, ada satu ODGJ terpaksa dipasung dalam kerangkeng karena kerap mengamuk.

Plt Kadis Sosial Puji Warno, S.Pd melalui Kasubbid Rehabilitasi Penyandang Disabilitas, Septi Marlina, S.Sos mengatakan ODGJ tersebut sudah dipasung dalam kerangkeng sejak satu tahun belakangan. Kondisi tersebut atas permintaan pihak keluarganya sendiri.

"ODGJ ini terpaksa dipasung oleh pihak keluarga karena sering mengamuk menghancurkan isi rumah, " jelasnya.

Diakuinya, beberapa waktu yang lalu pihaknya bersama tim medis Darma Guna Bengkulu dan TRC Kabupaten Lebong sudah berusaha mengevakuasi ODGJ tersebut untuk dibawa ke RSJKO. Hanya saja upaya tersebut belum berhasil karena saat proses evakuasi ODGJ tersebut terus memberontak meski sudah dibujuk.

 

BACA JUGA:Dinsos Rejang Lebong Mulai Data ODGJ

 

"Dalam waktu dekat kami berencana akan kembali melakukan upaya evakuasi. Karena memang gejala ODGJ yang terpasung masuk dalam kondisi berat. Saat ini kami masih mengurus BPJS yang bersangkutan, " singkatnya.

Diketahui ODGJ tersebut dikurung dalam kerangkeng permanen yang terbuat dari batako, mirip sel tahanan. Letaknya berada tepat disamping rumahnya. Dalam kerangkeng tersebut kakinya juga terpaksa dirantai.

Sumber: