Gawat! Perangkat Desa Terancam Tanpa Tunjangan

Gawat! Perangkat Desa Terancam Tanpa Tunjangan

Waka I DPRD Kepahiang, Andrian Defandra--

RK ONLINE - Kekurangan anggaran Siltap perangkat desa di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, nampaknya membuat Kades dan perangkat desa terancam tidak akan mendapatkan tunjangan.

 

Sebab berdasarkan pembahasan yang dilakukan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepahiang bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kepahiang baru-baru ini, usulan penamabahan kekurangan Siltap perangkat desa Rp 10 miliar ini, hanya mampu diakomodir Rp 5 miliar saja.

 

Padahal sesuai dengan jumlah desa dan perangkat desa yang ada di Kabupaten Kepahiang saat ini, total kebutuhan anggaran untuk menutupi kekurangan Siltap perangkat desa ini jumlahnya mencapai Rp 10 miliar.

BACA JUGA:Ingat! Bulan Depan Isi Minyak di SPBU Wajib Pakai Mypertamina

"Untuk Siltap perangkat desa kita akomodir Rp 5 miliar. Karena 105 desa di Kabupaten Kepahiang mayoritas anggarannya kurang untuk membayar Siltap 3 bulan terakhir tahun 2022 ini," kata Wakil Ketua I DPRD Kepahiang, Andrian Defandra, S.E, M.Si yang juga memimpin rapat Banggar, Rabu 14 September 2022.

 

Diakui Andrian kalau dibandingkan dengan usulan yang berjumlah Rp 10 miliar, penambahan Rp 5 miliar di dalam APBDP ini memang sangat jauh berbeda. Namun Aan (sapaannya) meyakini kalau dengan jumlah ini, desa dipastikan tetap bisa membayarkan gaji pokok denga catatan tidak memiliki tunjangan.

BACA JUGA:Terdakwa Pembunuhan Istri Siri Diganjar 14 Tahun Penjara

"Catatan yang dimaksud, Kades tidak menganggarkan tunjangan dan hanya gaji pokok saja. Sebaliknya jika dengan Rp 5 miliar ini Kades tetap ngotot menganggarkan tunjangan, sudap dipastikan tidak akan mampu diakomodir sepenuhnya. Karena keterbatasan kemampuan anggaran Pemkab Kepahiang saat ini, kita tidak bisa melakukan penambahan lagi," beber Aan.

 

Tidak hanya kekurangan anggaran Siltap perangkat desa saja, Aan mengungkapkan jika melalui APBDP pihaknya juga mengakomodir kebutuhan anggaran Jamkesda dan Insentif Tenaga Kesehatan (Nakes).

 

Sumber: