142 Penyuluh Diusul Jadi PPPK

142 Penyuluh Diusul Jadi PPPK

DOK/RK : Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah--

RK ONLINE - Gubernur Bengkulu, Dr. H Rohidin Mersyah mendukung langkah pengusulan sebanyak 142 penyuluh pertanian Tenaga Harian Lepas (THL) di Provinsi Bengkulu untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu. 

Ia menyebut, dengan adanya penyuluh pertanian yang berstatus P3K akan dapat mempermudah dan mendorong optimalisasi sektor pertanian di wilayah Bengkulu. 

"Saat ini setiap daerah dituntut untuk swasembada pangan. Dalam hal ini peran penyuluh pertanian sangat diharapkan kehadirannya dalam mewujudkannya. Mudah-mudahan usulan ini bisa diakomodir," kata Rohidin.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian DTPHP Provinsi Bengkulu, Darmiansyah mengatakan, selama ini THL belum terakomodir di seleksi PPPK sehingga pihaknya memfasilitasi penyuluh pertanian yang tergabung dalam sobat penyuluh pertanian agar bisa ikut seleksi PPPK tahun depan.

"Sejauh ini belum ada jabatan yang sesuai, sehingga penyuluh pertanian di daerah dapat diusulkan menjadi PPPK," jelasnya.

 

BACA JUGA:Ikut Simulasi CAT Persiapan PPPK

 

Pengusulan ini sendiri mengacu pada upaya Kementerian Pertanian (Kementan) yang tengah mendorong pengangkatan 74 ribu orang penyuluh pertanian THL-TBPP menjadi ASN P3K yang dialokasikan Kementan sesuai dengan jumlah desa potensi pertanian. 

Lebih lanjut, Darmiansyah  berharap penyuluh pertanian mendampingi para pelaku usaha dalam mengembangkan usaha tani secara menyeluruh mulai dari hulu sampai hilir. Sehingga dapat mensejahterakan sektor pertanian. 

"Juga diminta untuk melakukan inovasi teknologi yang tepat guna serta dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan produktivitas petani dan keluarganya," pungkasnya.

Sumber: