Berpotensi Hujan

Berpotensi Hujan

DOK/RK : Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST--

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang kembali diingatkan agar waspada potensi bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, serta angin kencang akibat hujan dengan intensitas tinggi berdurasi lama. Terlebih dari prediksi BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, di wilayah Kabupaten Kepahiang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi diserai petir. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya wilayah Kabupaten Kepahiang pada pagi hari hingga siang, cuacanya berawan. Selanjutnya sekira pukul 13.00 WIB, Kabupaten Kepahiang akan diguyur hujan hingga pukul 16.00 WIB. "Pengamatan kami, wilayah Kabupaten Kepahiang berpotensi diguyur hujan hingga 2 hari ke depan (Senin-Selasa, red) ," kata Litman, kemarin. 

 

BACA JUGA:Hujan Beberapa Hari ke Depan

 

Penyebab cuaca yang masih berpotensi hujan, terang Litman, diantaranya karena ada belokan angin dan konvergensi di wilayah Bengkulu. Kemudian ada suplai uap air dari samudera hindia ke wilayah sumatera bagian barat yang sgnifikan. Selain itu, kelambaban udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas serta labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer. "Sejumlah faktor tersebutlah yang bisa menyebabkan potensi awan hujan di wilayah Bengkulu tak terkecuali di Kabupaten Kepahiang," sampai Litman. 

Untuk suhu pada malam hari di wilayah Kabupaten Kepahiang masih akan terasa dingin karena berada pada 18 - 29 derajat celcius. Kemudian kecepatan angin 20 Kilometer per jam dan kelembaban 65 - 100 persen.

Sumber: