Optimalkan Peran Bunda PAUD Sebagai Penggerak Layanan Pendidikan

Optimalkan Peran Bunda PAUD Sebagai Penggerak Layanan Pendidikan

DOK/RK : LANTIK : Bunda PAUD kecamatan dan desa dilantik di aula Wulandari Kepahiang.--

RK ONLINE - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus mengoptimalkan peran sebagai penggerak layanan pendidikan anak usia 0-6 tahun. Hal ini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sebagai rangsangan pendidikan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ini disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Kepahiang, Efie Muhafilah Hidayat saat mengukuhkan Bunda PAUD dan TP-PKK kecamatan, kelurahan, serta desa di Aula Wulandari pada Kamis (8/9). 

Dikatakan Efie, kesadaran masyarakat untuk mendirikan pendidikan anak usia dini semakin besar, dan semua ini tidak terlepas dari peran, serta dukungan Bunda PAUD yang diharapkan memiliki figure dari ibu yang melekat pada ibu. Menurutnya, bahwa banyak faktor diluar pendidikan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Namun dari sejumlah penelitian menunjukkan, rentang usia 0-6 tahun adalah the golden ages. Yaitu waktu yang tepat dalam membentuk karakter seorang anak. "Dengan begitu diharapkan peran serta Bunda PAUD ditingkat kecamatan dan desa untuk mengoptimalkan peran sebagai penggerak layanan pendidikan anak usia 0-6 tahun. Pendidikan PAUD ini agar anak-anak kelak nanti memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lanjut," ujar Efie.

Dijelaskan Efie peran aktif Bunda PAUD Kecamatan, Desa dan Kelurahan menjadi strategis dan penting dalam menjamin terlaksananya pendidikan anak usia dini yang berkaulitas serta menyiapkan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus perjuangan bangsa.

 

BACA JUGA:Seleksi PPPK Guru Dimulai Pekan Ketiga September?

 

 "Bunda PAUD harus mampu mengidentifikasi dan memetakan permasalahan yang dihadapi oleh PAUD diwilayahnya, serta menjalin kerjasama yang harmonis dengan organisasi yang menaungi PAUD," sampai Efie.

Senada dengan hal itu, Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU menyampaikan anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus memulai pendidikan anak usia dini. Sejalan dengan tujuan itu, kata Bupati, Bunda PAUD mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan dan diharapkan mampu melihat potensi diri setiap anak.

"Terlebih kita akan menyambut Bonus Demografi pada 2045 Kepahiang harus mulai mempersiapkan diri dengan membangun generasi emas melalui pendidikan karakter dan mendidik dengan cinta. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi cara untuk membangun generasi emas tersebut," tutup Bupati.

Sumber: