PMK Sisakan 24 Kasus Aktif

PMK Sisakan 24 Kasus Aktif

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong, Ir. Zulkarnain, MT--

RK ONLINE - Data Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong jumlah kasus komulatif Penyakit Mulut dan Kuku di Rejang Lebong sudah menyerang 1.281 hewan ternak berkuku belah. Dari jumlah itu, saat ini hanya tersisa 24 kasus aktif saja. Sementara 1.241 ekor dinyatakan sehat, 7 ekor mati dan 9 ekor lainnya dilakukan pemotongan bersyarat.

Kepala Distankan Rejang Lebong ir. Zulkarnain, MT mengatakan penyebaran kasus PMK dalam beberapa pekan belakangan mulai mengalami penurunan seiring dengan sedikitnya ternak yang terinfeksi dan banyaknya ternak yang dinyatakan sembuh.

"Dari 15 kecamatan, kasus PMK ditemukan di 9 kecamatan. Sementara 6 kecamatan lainnya dinyatakan zona hijau penyebaran PMK, " jelasnya.

 

BACA JUGA:1.254 Ternak di Rejang Lebong Terpapar PMK

 

Meski telah menunjukkan tren menurun, namun ia tetap mengimbau kepada peternak untuk meningkatkan kewaspadaan. Agar ternak tidak terjangkit PMK, mereka diingatkan untuk menjaga kebersihan kandang serta tidak melepasliarkan ternaknya.

"Kita berharapa dikalangan peternak agar segera melaporkan petugas Distankan Rejang Lebong jika mendapati ternak mereka sakit sehingga bisa langsung diberikan penanganan, " singkatnya.

Sumber: