Pelajar jadi Sasaran Penpol 2024

Pelajar jadi Sasaran Penpol 2024

DOK/RK : PESERTA : Puluhan pelajar di Kabupaten Kepahiang mengikuti sosialisasi pendidikan politik.--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang memiliki kewajiban untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Karena itu Pemkab Kepahiang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Selasa (6/9) bergerak melakukan sosialisasi. Kali ini sasaran Badan Kesbangpol merupakan pelajar yang nantinya akan menjadi pemilih pemula.

Sekkab Kepahiang, Dr Hartono, M.Pd mengatakan, pemilih pemula pada 2024 merupakan pelajar SMA sederajat. Sebab mecoblos merupakan pengalaman pertama, pemilih pemula harus mendapatkan Pendidikan Politik (Penpol). Sehingga pemilih pemula mendapat pemahaman dan menyalurkan hak suara dengan baik.

"Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman bagi pemilih pemula, yang usianya saat ini akan menginjak 17 Tahun. Sebab mereka ini sudah masuk dalam ranah penentuan masa depan bangsa kedepannya, maka kita harus beri pendidikan polotik," kata Hartono dalam sambutannya ketika membuka acara sosialisasi, kemarin. 

Menurutnya dalam pendidikan politik, pemilih pemula akan mendapat ilmu etika, moral, serta adab sehingga tidak ada Pemilu yang anarkis. Melalui sosialisasi ini pula diharapkan para pelajar di Kabupaten Kepahiang bisa menjadi putra - putri terbaik bangsa kedepannya.

"Saya tegaskan agar pelajar bisa mengikuti sosialisasi ini dengan baik, ini demi para pelajar sendiri maupun bangsa ini secara umum pada masa mendatang," demikian Hartono.

 

BACA JUGA:Vermin KPU, Parsindo dan Republiku TMS

 

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kepahiang, Musi Dayan, S.Si mengatakan, melalui pendidikan politik pihaknya berharap pelajar sebagai pemilih pemula bisa memahami terkait Pemilu. Sehingga ikut serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kita berikan pendidikan politik terkait hak- hak sebagai pemilih. Kemudian kita juga berikan pendidikan tentang bagaimana ikut serta mensukseskan Pemilu. Karena mensukseskan Pemilu juga bagian tugas pemilih. Makanya kita sebut pendidikan politik ini sangat penting dilaksanakan," demikian Musi Dayan.

Sumber: