Siap-siap Koperasi Tidak Aktif Bakal Ditertibkan

Siap-siap Koperasi Tidak Aktif Bakal Ditertibkan

DOK/RK : Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Rejang Lebong Upik Zumratul Aini--

RK ONLINE - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Rejang Lebong berencana akan menertibkan unit usaha Koperasi yang dinilai tak lagi aktif. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disperindagkop UKM Rejang Lebong Dra. Upik Zumratul Aini, Senin (5/9). Dari 200 unit Koperasi yang terdata, hanya sekitar 70 Koperasi yang masih aktif.

"Koperasi yang sudah tidak aktif lagi nantinya akan kita hapus. Sebelumnya kami akan mendata terlebih dahulu. Jika koperasinya memang sudah tidak aktif lagi maka akan kita usulkan untuk dihapus atau ditutup, " kata Upik.

Koperasi yang dinilai tak aktif dilihat dari izinnya yang sudah habis maupun koperasi yang tidak menyampaikan laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke Disperindagkop UKM. Sejauh ini koperasi yang menyampaikan laporan RAT tersebut hanya 70 koperasi saja.

 

BACA JUGA:Desa Diminta Dirikan Koperasi

 

"Kita akan melakukan pendataan ke lapangan guna mengetahui jumlah koperasi yang masih aktif dan sudah tidak aktif lagi. Data ini selanjutnya akan kami sampaikan ke kementerian untuk dilakukan penghapusan, " tambahnya. 

Disisi lain, untuk membantu koperasi di Rejang Lebong, pihaknya sudah mendirikan kilinik koperasi yang bertujuan membantu permasalahan yang sedang dihadapi koperasi. 

"Kami berharap dengan adanya klinik koperasi ini bisa membantu koperasi dan dapat bertahan di tengah banyaknya lembaga keuangan resmi maupun tidak resmi serta rentenir berkedok koperasi yang memberikan pinjaman kepada masyarakat, " tukasnya.

Sumber: