Sudah 600 Sapi

Sudah 600 Sapi

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP--

RK ONLINE - Satuan Tugas (Satgas) penanganan Penyakit Mulut dan Kuku dari Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang melaporkan 600 ekor sapi telah divaksin PMK tahap II hingga Kamis (1/9) kemarin. Sapi-sapi yang divaksin tersebut merupakan sapi yang sebelumnya bunting dan satu bulan setelah melahirkan baru divaksin.

Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menjelaskan, saat ini kaksus kesembuhan juga banyak di Kabupaten Kepahiang yang mencapai 310 sapi, 6 ekor dipotong paksa dan 1 ekor mati. "Sementara untuk sapi-sapi yang telah sembuh dari paparan PMK belum dilakukan vaksinasi, karena ada waktu tertentu baru dilakukan vaksinasi. Tahap II realisasi vaksinasi PMK sudah mencapai 600," kata Hernawan.

 

BACA JUGA:Distan Vaksinasi PMK Tahap Kedua untuk 600 Sapi

 

Satgas menyarankan pada peternak untuk membatasi pergerakan hewan, pengawasan lalu lintas dan pelaksanaan surveilans, melarang mendatangkan ternak dari daerah lain, karantina dengan ketat, manajemen pemeliharaan yang baik, meningkatkan sanitasi, mendesinfeksi kandang dan sekitarnya secara berkala untuk guna mencegah wabah PMK semakin meluas.

"Indikator pemberian vaksin PMK terhadap sapi-sapi sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat, karena memang tidak boleh sembarang. Namun terlepas dari itu, tidak kalah penting adalah sanitasi kandang harus steril dan bersih," pungkasnya.

Sumber: