Batu Ampar Tanam 40 Ribu Bibit Talas

Batu Ampar Tanam 40 Ribu Bibit Talas

Pemdes Batu Ampar saat melakukan aksi penanaman 40 ribu bibit talas--

RK ONLINE - Pemdes Batu Ampar Kecmatan Merigi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Kamis 1 September 2022 melaksanakan aksi penanaman 40 ribu bibit talas

 

Dibagikan langsung kepada masyarakat di setiap dusun, penanaman puluhan ribu bibit talas yang bersumber dari 20 persen Dana Desa (DD) TA 2022 ini, sebagai upaya Pemdes Batu Ampar dalam menjaga ketahanan pangan di desa.

 

"Alhamdulillah sebanyak 40 ribu bibit talas tadi sudah kita bagikan. Kegiatan ini dilakukan sebagai pemanfaatan DD dengan tujuan menjaga ketahanan pangan di desa," terang Kades Batu Ampar, Harwan Iskandar, S.Pd,i.

BACA JUGA:Soal Dugaan Penggelapan Seragam, Ini Keterangan Kepala SDN 6 Kepahiang

Kades Batu Ampar ini melanjutkan kalau secara simbolis, penanaman puluhan ribu bibit talas ini melibatkan seluruh jajaran Pemdes Batu Ampar, kecamatan hingga personel TNI/Polri. Bertempat di lahan perkebunan milik warga, penanaman bibit talas ini dilakukan secara serentak. 

 

Selain itu Harwan mengatakan kalau sejak 2019 lalu, Desa Batu Ampar telah memulai penanaman bibit talas sebagai bentuk swasembada dan ketahanan pangan di desa.

 

"Sebagian besar penduduk kami berprofesi sebagai petani kopi. Sementara talas menjadi salah satu komoditi yang dapat ditanam berdampingan dengan tanaman Kopi. Selain itu tanaman talas juga sangat mudah dikembangkan," bebernya.

BACA JUGA:Ujan Mas Rawan Transaksi Narkoba

Terlebih lagi lanjut Harwan, komoditi ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dengan adaptasi dan produktivitasnya yang cukup tinggi. Ditambah lagi, talas dianggap mampu menjadi alternatif ketahanan pangan dan penyangga perekonomian masyarakat di desa.

 

Sumber: