7 OPD Jadi Sampel BPKP

7 OPD Jadi Sampel BPKP

DOK/RK : KLARIFIKASI : BPKP Perwakilan Bengkulu saat melakukan klarifikasi kepada petugas RSUD Lebong terkait review P3DN.--

RK ONLINE - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Bengkulu menjadikan 7 OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong sebagai sampel dalam reviuw pelaksanaan Peningkatan Penggunaan produk Dalam Negeri (P3DN). 

Ke-7 OPD tersebut masing-masing Dinas PUPR-Hub untuk 7 kegiatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk 2 kegiatan, Sekretariat Daerah 3 kegiatan serta Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD, DPMPTSP, DP3APPKB masing-masing 1 kegiatan.

Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Lebong, Dodi Irawan, ST kegiatan tersebut sebagai bentuk monitoring BPKP dalam menilai pelaksanaan P3DN di Kabupaten Lebong. Bahkan kemarin (31/8), ke-7 OPD yang menjadi sampel penilaian sudah dipanggil dan dilakukan klarifikasi pelaksanaan dalam penghitungan P3DN. "Nah kendalanya di masing-masing OPD yang menjadi sampel belum melakukan penghitungan menilai secara merinci P3DN sehingga perlu dilakukan pembinaan dalam penginputan aplikasi Sistem Informasi evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (SIERA), " tambah Dodi.

 

BACA JUGA:Tahun Ini Ditarget Tuntas, 2023 Disusul Perbup

 

Diakuinya sistem ini sendiri masih baru di Kabupaten Lebong. Sehingga nantinya BPKP akan mengundang masing-masing operator di OPD untuk dilakukan bimbingan singkat.

"Sistem sampel ini dilakukan bagi OPD yang banyak memiliki kegiatan pengadaan barang. Intinya untuk melihat sejauh mana di Kabupaten Lebong dalam penghitungan penilaian P3DN, " demikian Dodi.

Sumber: