Diminta Segera Melapor

Diminta Segera Melapor

DOK/RK : TANGANI : Petugas kesehatan hewan ternak menangani sapi masih positif PMK.--

RK ONLINE - Tim penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Marwan Safe'i, Sp mengatakan, hewan ternak yang terserang PMK punyagejala umum seperti lesu disertai gejala lepuh disekitar mulut, rongga dan disertai kaki, telapak, tumit hingga sendi. Jika menemukan ciri-ciri tersebut agar segera melaporkan pada petugas kesehatan hewan supaya dilakukan penanganan lebih cepat.

Pasalnya, penyakit PMK ini rentan menulari hewan ternak. Diantaranya sapi, kerbau, dan kambing. Penularan virus ini dapat melalui kontak langsung seperti droplet, hingga ternak yang berada pada satu kawasan yang sama.

"Dinas pertanian telah menyiapkan tim siaga untuk mengatasi wabah PMK, tentunya tim akan melakukan langkah yang seharusnya dilakukan. Utamanya, peternak harus jujur jika hewan menunjukkan gejala agar bisa dilakukan penanganan lebih cepat dan harus diisolasi agar tidak menular ke ternak lain," kata Marwan.

 

BACA JUGA:Distan Vaksinasi PMK Tahap Kedua untuk 600 Sapi

 

Sejak virus ini mewabah, lanjut Marwan, pihaknya terus memberikan penyuluhan terhadap peternak. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran lebih luas dan teknik perawatan hewan yang terinfeksi. Dia pun menuturkan, meskipun secara zoonosir, virus penyebab PMK susah menular ke manusia. Namun terdapat kekhawatiran peternak dapat menjadi faktor penyebaran kepada hewan yang sehat. Karena itu setelah melakukan aktivitas dengan ternak, peternak harus mengganti baju.

"Prosedur penanganan juga sudah diterapkan oleh kami sebagai petugas lapangan, dan masyarakat petani peternak juga diberikan penyuluhan. Terutama soal kebersihan kandang dan harus menyemprotkan disinfektan," tutup Marwan.

Sumber: