Ini Desa Wisata 2023 di Kepahiang

Ini Desa Wisata 2023 di Kepahiang

Rangkaian kegiatan yang ada di Desa Air Sempiang yang diusulkan sebagai desa wisata--

RK ONLINE - Sesuai dengan hasil pertemuan dengan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu belum lama ini, Dinas PMD Kabupaten Kepahiang akhirnya mengusulkan 1 dari 105 desa di Kabupaten Kepahiang menjadi peserta lomba desa wisata 2023.

 

Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Kelembagaan Masyarakat dan Transmigrasi, Frand Avico Jangjaya, SH mengatakan kalau dari 105 desa yang ada, pihaknya sudah sepakat dan mengusulkan Desa Air Sempiang sebagai peserta lomba desa wisata Kabupaten Kepahiang 2023 mendatang.

 

"Iya benar, Desa Air Sempiang sudah kita usulkan untuk maju dalam Desa Wisata 2023 nanti," ujar Avico, Senin 29 Agustus 2022

BACA JUGA:Kelola Dana Rp 5,76 M, 6 UPK Eks PNPM MPD Belum Serahkan Laporan

 

 

Kegiatan ini lanjut Avico, merupakan tindak lanjut dari pengembangan desa ekodigital hasil kerjasama dengan perusahaan swasta Dangau Datuk dan Universitas Bengkulu. Ini dilakukan sebagai upaya percepatan pembangunan masyarakat dan desa. Dengan alasan ini pula Avico mengatakan jika melalui program ini, pihaknya akan melakukan penataan akses terhadap Desa Air sempiang.

 

"Nanti ada penataan akses terhadap desa wisata. Karena desa wisata yang kita usulkan adalah Desa Air Sempiang maka desa inilah yang nantinya menjadi sasaran penataan tersebut," lanjutnya.

 

Bukan hanya itu saja, Avico mengungkapkan jika Pemerintah Provinsi Bengkulu juga akan membantu beberapa kebutuhan bagi desa yang dipercaya sebagai desa wisata. Mulai dari kebutuhan terhadap lampu penerangan tenaga surya, Siteplan atau desain detil pembangunan desa wisata serta akses jalan menuju lokasi wisata dan sejumlah prasarana penunjang lainnya.

BACA JUGA:6 Desa Jadi Sasaran Vaksin Rabies

Sumber: