Terkait Realisasi Bansos, Dewan Minta Dinsos Lebih Proaktif

Terkait Realisasi Bansos, Dewan Minta Dinsos Lebih Proaktif

DOK/RK : Ketua Komisi III DPRD Rejang Lebong, Nirwan Paraji--

RK ONLINE - Ketua Komisi III DPRD Rejang Lebong, Nirwan Paraji mendesak agar Dinas Sosial (Dinsos) Rejang Lebong lebih pro aktif dalam meminta laporan realisasi bantuan sosial (bansos) yang sebelumnya sudah disalurkan oleh BRI dan Kantor Pos Cabang Curup Juni-Juli 2022. Apalagi selaku OPD teknis, dirasa aneh jika Dinsos tak mengantongi data realisasi bantuan sembako tahap pertama tahun 2022 tersebut.

"Kami minta Dinsos segera meminta laporan dari BRI dan Kantor Pos.  Selain itu, kami juga akan mempertanyakan berapa sisa angaran yang tidak tersalurkan dan yang dikembalikan ke kas negara, " jelasnya. 

Menurutnya data realisasi bantuan yang disalurkan melalui BRI dan Kantor Pos tersebut harus dilaporkan secara terbuka. Mulai dari jumlah penerima, jumlah bantuan yang disalurkan, berapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak mengambil bantuan hingga berapa total bantuan yang sudah dikembalikan ke kas negara.

"Di zaman sekarang, tidak ada yang harus ditutup-tutupi. Semua harus terang benderang. Apalagi laporan yang diminta Dinsos ini terkait dana bantuan dari Kemensos, " tambahnya. 

 

BACA JUGA:Guru Non ASN Diwacanakan Masuk BPJS Ketenagakerjaan

 

Lebih jauh dijelaskannya, pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil Dinsos dan meminta laporan terkait realisasi penyaluran bansos tersebut. Apalagi sampai saat ini Dinsos belum menerima data By Name By Adress (BNBA) dari pihak penyalur dan dirasa perlu dipertanyakan. 

"Untuk diketahui dimana penyaluran bantuan tanai ini merupakan program pemerintah, maka dari itu tidak ada yang harus ditutup-tutupi terkait penyalurannya, " tukasnya.

Sumber: