Sudah Siap Dinilai KemenPAN-RB dan Ombudsman

Sudah Siap Dinilai KemenPAN-RB dan Ombudsman

Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang sudah siap menghadapi penilain penerapan reformasi birokrasi yang langsung dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Ombusman RI.

Kesiapan penilayan dipastikan siap setelah rapat evaluasi penerapan reformasi birokrasi dan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang diselenggaranan belum lama ini. Hal ini disampaikan Sekkab Kepahiang, Dr. Hartono, MPd, kemarin. 

Dikatakan oleh Hartono, masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kepahiang telah melakukan pemaparan terkait dengan proses penatanaan ASN, pelayanan publik hingga kesiapan dinas intansi menghadapi penilian KemenPAN-RB dan Ombusman RI.

"Kita sudah mendapatkan laporan dari kepala OPD. Dengan itupula dipastikan sudah siap (Dilakukan penilaian), tinggal menunggu tim dari pusat datang," kata Hartono. 

Salah satu target Pemkab Kepahiang dalam penilian di tahun 2022, menaikan nilai SAKIP dari sebelumnya level C menjadi level B. Peningkatan nilai SAKIP akan berpengaruh terhadap daerah, lantaran dapat mendongkrak anggaran DID untuk tahun depan. Hartono optimis peningkatan nilai SAKIP diangka B bisa dicapai. Mengingat semua kesiapan diantaranya sektor pelayanan publik di setiap OPD sudah mulai tertata dengan baik.

 

BACA JUGA:Laporan UPK Eks PNPM MPD Diwarning Agar Sesuai Fakta

 

"Sebelumnya SAKIP Kabupaten Kepahiang C dengan nilai 50,51. Tahun ini (2022, red) diharapkan meningkat menjadi B. Dengan kerja keras yang dilakukan masing-masing, kita yakin serta kita harapkan itu bisa tercapai," sampai Hartono. 

Untuk diketahui, pada tahun sebelumnya, ada 13 OPD di lingkungan Pemkab Kepahiang yang menjadi sampel penilaian SAKIP. Sementara pada tahun ini ada penambahan sampel menjadi 15 OPD. Segala kekurangan yang masih dimiliki OPD berdasarkan hasil penilaian, semua sudah dilakukan perbaikan. Sehingga diyakini SAKIP Kabupaten Kepahiang bisa naik mnejadi nilai B.

"Yang dilakukan penilaian itu salah satunya kesesuaian RPJMD - Renstra - IKU - PK. Karena itu seluruh program yang dijalankan OPD harus berkaca dari program yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga terlihat pembangunan serta kemajuan secara menyeluruh di Kabupaten Kepahiang," demikian Hartono.

Sumber: