Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan Pola Hidup Sehat

DOK/RK : Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni--

RK ONLINE - Adanya peralihan musim panas ke musim penghujan banyak menimbulkan genangan air yang dijadikan tempat tumbuh kembang jentik nyamuk aedes aegypti. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya  kasus masyarakat yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Untuk mencegah peningkatan kasus ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu meminta masyarakat untuk sentiasa menerapkan pola hidup sehat.

"Kami minta masyarakat untuk waspada terhadap penyakit DBD dan terapkan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing,” kata Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, H.  Herwan Antoni, S.KM, M.Kes, M.Si.

Ia menambahkan, pola hidup sehat dapat dilakukan dengan berolahraga dan membasmi perkembangan nyamuk dengan melakukan kegiatan 3M yaitu, menguburkan dan menguras serta menutup wadah yang dimungkinkan menjadi tempat nyamuk berkembang.

"Selalu lakukan 3M untuk membasmi perkembangan nyamuk DBD di lingkungan masing-masing," tutur Herwan. 

Herwan menyampaikan, penyakit DBD biasanya banyak terjadi didaerah yang lingkungannya mendukung perkembangan nyamuk tersebut. Oleh karenanya penting menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari pengembangbiakan nyamuk jenis ini.

 

BACA JUGA:Musim Penghujan Kasus DBD Meningkat

 

Herwan juga mengimbau kepada masyarakat agar membuang air yang tergenang di semua wadah yang memungkinkan digunakan nyamuk berkembang. Hal ini dilakukan agar nyamuk tidak berkembang dan terhindar dari penyakit DBD.

"Genangan air menyebabkan nyamuk pembawa penyakit DBD mudah berkembang biak. Dan kita minta peran serta masyarakat dalam membasmi perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti dan aedes albocpictus agar terhindar dari penyakit DBD," demikian Herwan.

Sumber: