Karnaval Sisakan Sampah di Jalan Sukawati

Karnaval Sisakan Sampah di Jalan Sukawati

DOK/RK--

RK ONLINE - Dalam memerihakan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong menggelar karnaval tingkat PAUD dan TK. Kegiatan tersebut mengambil rute dari jalan Sukawati komplek perkantoran Pemkab Rejang Lebong hingga ke Lapangan Dwi Tunggal. Meski berjalan sukses, kegiatan ini justru menyisahkan sampah yang berserakan di jalan.

Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong, Rezza Pakhlevie, SH mengatakan kejadian tersebut diakuinya adalah kelalaian panitia dan termasuk pihaknya. Menurutnya saat pelaksanan kegiatan seharusnya tidak meminta anak-anak membawa makan. Jika pun membawa makanan sampah tak dibuang sembarangan.

"Sebenarnya setiap acara yang melibatkan massa banyak akan menghasilkan sampah-sampah kemasan makan, apalagi peserta karnaval masih anak-anak yang belum begitu memahami tentang kebersihan, " ujarnya. 

Seharusnya inilah yang menjadi tugas bersama. Mulai guru pendamping hingga orang tua agar dapat memberikan dan menanamkan contoh prilaku hidup bersih dan sehat serta sayang dengan lingkungan sekitar. Ia memastikan akan melakukan evaluasi agar pada kegiatan berikutnya kejadian serupa tak terulang.

 

BACA JUGA:Stok Beras Bulog Masih Aman

 

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rejang Lebong, Suherman mengataan pihaknya sudah dihubungi oleh Dinas Dikbud terkait sampah yang yang berserakan di Jalan Sukawati. Meski demikian, ia tetap menyayangkan dalam pelaksanaan kegiatan karnaval tidak melibatkan pihaknya dalam mengantisipasi persoalan sampah.

"Kami akan bersihkan dengan gotong-royong oleh petugas kebersihan agar sampah-sampah tidak lagi berserakan diwialayah perkantoran, " singkatnya.

Sumber: