Waspada Angin Kencang

Waspada Angin Kencang

--

RK ONLINE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong meminta warga untuk mewaspadai potensi bencana alam akibat angin kencang yang terjadi. Kalaska BPBD Rejang Lebong Shalahudin mengatakan angin kencang yang melanda saat ini banyak membuat ranting serta batang pohon patah dan bisa roboh, maka dari itu masyarakat diharapkan agar meningkatkan kewaspadaannya. 

"Kami imbau untuk mewaspadai angin kencang dan tidak berdiri didekat pohon besar karena bisa membahayakan keselamatan, " jelasnya.

Ditambahkannya, akibat angin kencang yang melanda beberapa waktu lalu sudah menyebabkan pohon tumbang di Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan. Kendati tidak memakan korban jiwa namun menutup akses jalan serta memutus kabel listrik. Sampai saat ini pihaknya belum menerima peringatan dini dari BMKG tentang cuaca ekstrem serta potensi bencana alam yang kemungkinan akan terjadi.

"Kita belum tahu apakah saat ini Rejang Lebong  sudah masuk musim kemarau atau belum karena selama cuaca ekstrem ini kadang-kadang panas namun tiba-tiba turun hujan," lanjutnya.

 

BACA JUGA:Waspada Potensi Angin Kencang

 

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lainnya, BPBD telah menyiagakan personel dari Pusdal Ops serta relawan BPBD yang tersebar di 156 desa dan kelurahan di Rejang Lebong.

"Kalau peralatan yang kita siagakan berupa alat berat jenis loader satu unit, perahu karet, pelampung, mobil tangki, mobil dapur umum serta logistik untuk korban bencana alam, " singkatnya.

Sumber: