Cabai Turun, Bawang Merah Masih Tinggi

Cabai Turun, Bawang Merah Masih Tinggi

DOK/RK : JUAL : Harga sayur-sayuran di Pasar Kepahiang alami penurunan--

RK ONLINE - Harga bahan pangan di pasar tradisional Pasar Kepahiang terpantau ada yang mengalami penurunan. Yakni harga berbagai jenis cabai mengalami penurunan seperti harga cabai rawit dijual dengan harga Rp 45 ribu per kilogram dari hargar sebelumnya mencapai Rp 60 ribu. 

Sementara cabai merah keriting juga mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 85 ribu per kilogram, kini dijual dengan harga Rp 70 ribu. Sementara itu untuk cabai merah besar, pedagang tetap menjual dengan harga Rp 65 ribu per kilogramnya. "Untuk harga cabai memang turun sejak seminggu ini, sejak musim penghujan justru harganya menurun," ujar salah satu pedagang, Herayati (43).

Dikatakannya, sedikit ada kenaikan justru terjadi di komoditas bawang merah. Bawang merah di pasar Kepahiang mengalami kenaikan mencapai Rp 10.000 per kilogramnya menjadi Rp 32 ribu per kilogram. "Bawang merah naik, dibandingkan bulan lalu harganya Rp 22ribu perkilogramnya," karta Herayati.

Sedangkan untuk bawang putih harganya tidak berubah yaitu Rp 25 ribu per kilogram, kentang Rp 15 ribu per kilogram dan tomat Rp 10 ribu per kilogram. Untuk jenis Sembako, beras kualitas medium dijual dengan harga Rp 10 ribu per kilogram dan kualitas premium dijual dengan harga Rp 12 ribu.

Sedangkan untuk minyak goreng curah, per kemarin dibanderol Rp 18 ribu per kilogram dan kemasan Rp 20 ribu per kilogram, gula pasir Rp 14 ribu per kilogram, dan tepung terigu 8.000 per kilogram. Daging sapi di Pasar Kepahiang masih bertengger di harga Rp 120 ribu per kilogram. Harga ini turun Rp 2.000 dibanding dua minggu lalu. Penurunan juga terjadi di daging ayam, turun Rp 1.000 menjadi Rp 35 ribu per ekor.

Sumber: