Penyebaran PMK Masih Tinggi

Penyebaran PMK Masih Tinggi

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong, Ir. Zulkarnain, MT--

RK ONLINE - Penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Rejang Lebong disebut masih cukup tinggi. Ini disampaikan Kepala Disnakan Kabupaten Rejang Lebong, Zulkarnaian pada Jum'at (19/8). Dikatakannya, penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternah berkuku belah ini harus jadi perhatian dan ditangangi secara serius. "Supaya virus PMK ini tidak terus menyebar. Saat ini Rejang Lebong termasuk katagori tertinggi penyebarannya. Dibuktikan, se Provinsi Bengkulu, Rejang Lebong urutan kedua dengan jumlah 1.229 ternak terinfeksi PMK," katanya.

Lebih lanjut dipaparkan, upaya pencegahan dan pengendalian PMK sudah dilakukan oleh tim Satgas termasuk di dalamnya petugas medik dan paramedik. "Untuk vaksinasi PMK sendiri sudah dilakukan 400 dosis tahap pertama, lalu booster 400 dosis dengan syarat wilayah zona hijau. Setiap harinya kita ini bersama tim selalu melakukan penyintikan vaksin PMK kepada hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing yang ada di 15 kecamatan," terangnya.

Zulkarnaian juga mengatakan, pihaknya akan mengambil strategi dalam penanganan PMK selain vaksinasi, antara lain biosecurity, pengobatan, dan potong bersyarat. "Kami juga mengimbau masyarakat pemilik untuk menjaga hewan ternak dan mendaftarkannya agar bisa divaksin," singkatnya. (cok)

Sumber: