Segera Vaksin Booster II kepada 1.577 Nakes

Segera Vaksin Booster II kepada 1.577 Nakes

DOK/Net : Ilustrasi Vaksin Covid--

RK ONLINE - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong segera melakukan vaksinasi dosis keempat atau booster II kepada 1.577 Tenaga Kesehatan (Nakes). Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syahfawi, Kamis (18/8). 

Dikatakannya, vaksinasi dosis keempat atau booster II sejauh ini hanya untuk tenaga kesehatan bukan masyarakat umum.

"Wacana pemberian vaksin booster kedua ini baru kita sosialisasikan di 21 Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong. Jika nanti sudah disosialisasikan keseluruh Puskesmas, maka vaksinasi booster mulai kita laksanakan," ucapnya.

Lebih lanjut dipaparkan, pelaksanaan vaksinasi dosis keempat ini harus segera dilaksanakan sesuai instruksi pemerintah pusat dan provinsi. Vaksin booster disesuaikan dengan jenis vaksin yang digunakan masing-masing Nakes sebelumnya.

"Mislanya saat vaksinasi dosis booster pertama menggunakan vaksin Moderna, maka sesuai dengan petunjuk teknisnya untuk vaksin booster kedua harus menggunakan vaksin jenis yang itu juga. Namun untuk jenis Moderna karena tidak produksi lagi, bisa diganti dengan vaksin jenis Pfizer, baru dua hari yang lalu ke luar surat edarannya dari Kemenkes," jelasnya.

Syafawi menambahkan, vaksinasi booster kedua ini menyasar 1.577 Nakes yang bertugas di 21 Puskesmas, RSUD Curup dan Dinas Kesehatan. "Terkait perkembangan program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong hingga saat ini, untuk pemberian dosis I mencapai 203.188 orang atau 82,96 persen dari target 217.861 orang.

Sedangkan untuk dosis kedua mencapai 160.929 orang  atau 65,71 persen dan vaksin dosis ketiga 43.864 orang atau 23,19 persen. Sementara untuk pemberian dosis keempat atau booster kedua kepada Nakes baru satu orang atau 0,06 persen dari target 1.577 orang," pungkasnya. (cok)

Sumber: