BPBD Tebang Pohon Rawan Tumbang

BPBD Tebang Pohon Rawan Tumbang

DOK/RK : TEBANG : BPBD Kabupaten Lebong saat menebang pohon yang dianggap rawan tumbang di Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara.--

RK ONLINE - Sebagai salah satu daerah rawan bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong terus berupaya meminimalisir potensi terjadinya bencana. Salah satunya dengan cara memangkas hingga menebang pohon rawan tumbang yang berada di pinggir jalan utama mulai Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara hingga Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendra Surya mengatakan penebangan pohon rawan tumbang mulai dilaksanakan kemarin (11/8). Setidaknya ada 50 pohon yang menjadi sasaran untuk dipangkas hingga ditebang sepanjang jalan Talang Ulu hingga komplek perkantoran.

"Pelaksanannya dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini (kemarin, red) sudah 2 pohon yang ditebang, " kata Hendra.

Lebih jauh dijelaskannya, upaya yang dilakukan tersebut sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir potensi pohon tumbang saat terjadi angin kencang yang dinilai dapat membahayakan keselamatan masyarakat. 

"Yang ditebang hanya pohon yang dinilai rawan tumbang. Seperti pohon yang sudah berumur lama dan kebanyakan jenis sengon yang diketahui mudah patah, " tambahnya.

Disisi lain, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap setiap potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Terlebih saat ini masih dalam kondisi cuaca ekstrim, artinya potensi terjadinya bencana juga semakin meningkat.

"Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada. Potensi bencana alam seperti tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang bisa terjadi kapan saja, " demikian Hendra. (skp)

Sumber:

Berita Terkait