Butuh Dukungan

Butuh Dukungan

DOK/RK : Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita, SH.l--

RK ONLINE - Kabupaten Kepahiang baru saja mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori pratama, yang artinya masih dasar. Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui instansi terkait berupaya meningkatkan status KLA menjadi Madya bahkan Utama, tetapi perlu dukungan dari lintas sektor.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita, SH.l Dia menjelaskan, dalam pembentukan dan peningkatan kota layak anak memiliki sejumlah indikator. "Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk bisa menaikkan status dari KLA Pratam menjadi Madya, Nindya bahkan Utama. Sehingga diperlukannya dukungan lintas sektor," ujar Linda.

Untuk diketahui, Kabupaten atau Kota Layak Anak adalah sistem pembangunan kabupaten atau kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, keluarga dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program serta kegiatan untuk pemenuhan hak hak anak. Strategi pelaksanaan KLA harus mengutamakan hak anak dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, yang dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi dengan mengacu pada prinsip prinsip hak hak anak.

"Beberapa fasilitas anak mulai dari taman bermain, tempat belajar khusus, dan sarana lain khusus anak. Ini yang terus kita upayakan peningkatannya sebagai upaya meningkatkan status KLA daerah," tutup Linda. (rfm)

Sumber:

Berita Terkait