Hanya Ada Vaksin Jenis Pfizer dan Sinovac

Hanya Ada Vaksin Jenis Pfizer dan Sinovac

DOK/RK : Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Wisnu Irawan, S.Kep, MM--

RK ONLINE - Tenaga Kesehatan (Nakes) Kabupaten Kepahiang dituntut melaksanakan vaksin booster dosis II yang dianjurkan sejak 29 Juli lalu. Namun kenyataan hingga sekarang belum satupun Nakes di Kabupaten Kepahiang yang mendapatkan vaksin booster dosis II tersebut. 

Tetapi hal tersebut bukan tanpa alasan. Karena stok vaksin di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang tengah kosong dan hanya tersedia vaksin jenis Pfizer dan Sinovac. Sementara untuk vaksin booster dosis I adalah jenis Moderna begitu pun vaksin booster dosis II.

Kepala Dinkes Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Si melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Wisnu Irawan, S.Kep, MM menerangkan, pihaknya telah mengajukan permintaan untuk vaksin Moderna ke Dinkes Provinsi Bengkulu. Akan tetapi hingga sekarang belum stok vaksin yang dikirim ke Kabupaten Kepahiang. "Untuk stok vaksin di gudang hanya ada vaksin jenis Pfizer dan Sinovac, jenis lainnya tidak ada. Ya kita menunggu kiriman dari Dinkes Provinsi Bengkulu," kata Wisnu. 

Dijelaskan Wisnu, sesuai aturannya jika vaksin booster dosis II menggunakan jenis Moderna maka booster I juga harus menggunakan vaksin Moderna. Sementara Nakes di Kabupaten Kepahiang hampir seluruhnya pada penyuntikan booster dosis I menggunakan vaksin Moderna. "Memang aturannya jika booster I vaksin Moderna, booster II tidak dapat diberikan vaksin jenis lain. Itu yang menjadi alasan kita mengapa vaksin booster II belum disuntikan," jelas Wisnu. 

Sekedar mengulas, Nakes termasuk di Kabupaten Kepahiang wajib diberikan vaksin booster II. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid - 19 booster ke II bagi SDM Kesehatan. Dikuatkan dengan SE dari Dinkes Provinsi Bengkulu Nomor 2911/440. IV. I. Kes/VII/ 2022 tertanggal 28 Juli 2022. (and)

Sumber: