Dinkes Ingatkan Sekolah

Dinkes Ingatkan Sekolah

Nasib kepala puskesmas terduga pelaku pencabulan bidan desa bakal ditentukan bupati Kepahiang/Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, SKM,M.Si--Radarkepahiang.id

RK ONLINE - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, SKM,M.Si mengingatkan agar sekolah ikut menjamin jajanan anak harus sehat. Karena peran sekolah sangat penting untuk memastikan makanan yang di jual di kantin-kantin sekolah harus berkualitas baik. "Pertama soal kebersihan jajanan. Kemudian memastikan jajanan yang mengandung pewarna itu aman," sampai Tajri.

Dengan begitu, papar Tajri, pihaknya mengintruksikan pada Puskesmas pada masing-masing wilayah gencar memaksimalkan promosi kesehatan (Promkes) ke sekolah-sekolah. Terutama mengimbau agar sekolah menyediakan sanitasi yang baik bagi anak peserta didik, mewaspadai makanan atau jajanan dijual mengandung pewarna.

"Anak-anak juga diimbau tidak jajan sembarangan atau mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat. Ini perlu menjadi pemahaman sekolah. Puskesmas harus maksimalkan Promkes guna mengimbau sekolah dalam rangka mewaspadai penyakit yang menyerang anak-anak," kata Tajri.

Dia menilai, masyarakat serta lingkungan sekolah harus bisa menilai sendiri kebersihan tempat makan yang akan dituju. Apabila mendapati tempat makan tidak terjamin kebersihannya, maka kata dia, lebih baik tidak membeli jajanan tersebut. "Begitu juga jajanan sekolah, sementara ini kita tidak anjurkan sembarang mengizinkan jajanan dari luar. Selain itu juga harus ada pengawasan dari pihak sekolah," ujarnya. (rfm)

Sumber:

Berita Terkait