Peningkatan SDM

Peningkatan SDM

Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd--

RK ONLINE - Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masih menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Kepahiang pada tahun 2023. Seperti disampaikan Sekretaris Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd. Dia menerangkan, kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Kepahiang tahun mendatang tetap sama dengan tahun sebelumnya yakni fokus pada penguatan sumber daya manusia, ekonomi dan infrastruktur.

Antara lain pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi, memaksimalkan terutama sektor pertanian, perikanan dan industri kecil. "Pemkab memprioritaskan rancangan pembangunan tahun 2023, masih fokus pada pemulihan ekonomi serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Tema nantinya disesuaikan oleh organisasi perangkat daerah dalam menyusun RKPD," kata Hartono.

Pembangunan SDM menurutnya, menjadi tantangan besar terutama upaya untuk meningkatkan partisipasi pendidikan pada jenjang menengah serta tinggi, meningkatkan mutu pembelajaran yang berkualitas, menciptakan tenaga pendidik yang berkualifikasi baik, menurunkan kematian ibu dan bayi, menurunkan stunting balita, mengatasi kemiskinan, serta mempersiapkan diri untuk memasuki era bonus demografi.

Pada prioritas peningkatan kualitas SDM yang menjadi atensi serta perhatian yakni sektor pendidikan, kesehatan, pengetasan kemiskinan, serta perbaikan sarana prasarana pelayanan dasar. "Tentunya program dan kegiatan prioritas ini disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, kita pilih program yang sangat prioritas dan bermanfaat untuk masyarakat," papar Hartono. 

Prioritas pemulihan ekonomi yang dimaksud ialah upaya mencapai dengan meningkatkan serta menggali potensi unggulan untuk memberikan nilai tambahan dari potensi daerah, baik sektor pertanian, perikanan hingga sektor pariwisata. Selain itu, infrastruktur fisik perlu dilakukan pembenahan agar pemulihan ekonomi dapat tercapai dengan optimal. (rfm)

Sumber: