Daftar Tunggu Haji

Daftar Tunggu Haji

DOK/RK Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Zulfakar Alamsyah, S.Ag--

RK ONLINE - Minat masyarakat Kabupaten Kepahiang menunaikan ibadah haji mengalami peningkatan cukup signifikan. Bahkan karena tahun 2020 dan 2021 terjadi penundaan keberangkatan haji karena pandemi Covid-19, daftar tunggu berangkat haji pun menumpuk. Hingga sekarang saja, calon jemaah haji resmi mendaftar dibuktikan dengan Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) sudah mencapai 2.275 orang.

Dengan demikian, waiting list atau daftar antrean keberangkatan ke tanah suci berlangsung hingga tahun 2042 atau menunggu selama 21 tahun apabila baru mendaftar pada tahun ini. "Waiting list haji kita saat ini yang tercatat di Sistem Informasi dan Komputerisasai Haji Terpadu (Siskohat) mencapai 2.275 orang. Kalau mendaftar tahun ini, maka harus menunggu 21 tahun," jelas Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Kepahiang, Zulfakar Alamsyah, S.Ag.

Dipaparkannya, pihaknya tidak memungkiri bila setiap tahunnya minat masyarakat dalam menunaikan rukun islam tersebut naik drastis. Mereka tercatat sebagai masyarakat Kabupaten Kepahiang yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk. Sementara jatah keberangkatan ibadah haji untuk kuota atau porsi Kabupaten Kepahiang menyesuaikan dengan kuota haji nasional. "Setiap tahun kuota keberangkatan tetap 108 orang, daerah sangat mengharapkan adanya penambahan kuota keberangkatan setiap tahunnya," kata Zulfakar.

Dia melanjutkan, lamanya antrean keberangkatan haji di kabupaten Kepahiang selama ini tidak lepas dengan tingginya minat masyarakat untuk naik haji. Sedangkan kuota keberangkatan tetap belum naik secara signifikan. "Ya harapan kita kuota keberangkatan haji dapat ditambah lagi, sehingga dapat mengurangi waiting list," demikian Zulfakar. (rfm)

Sumber: