Keterbatasan Anggaran, Dispora Belum Bisa Bantu Mantan Atlet

Keterbatasan Anggaran, Dispora Belum Bisa Bantu Mantan Atlet

DOK/RK : Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs Novrianto,MM--

RK ONLINE - Keterbatasan anggaran menjadi alasan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Rejang Lebong belum bisa memberikan bantuan kepada Edwin Patikawa (58), mantan atlet yang saat ini banting setir menjadi pengemis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepala Dispora Rejang Lebong Drs. Novrianto, MM mengaku turut prihatin atas kondisi Edwin saat ini. Namun pihaknya belum bisa berbuat banyak karena belum memiliki program jaminan hari tua pagi mantan atlet, seniman maupun lainnya.

"Kondisi semacam ini banyak kita temukan. Tidak hanya di Rejang Lebong tetapi juga di daerah lainnya juga ada, " ujarnya.

Dikatakannya, biasanya atlet mendapat reward atau penghargaan saat mereka mendapatkan prestasi. Jika tidak lagi berprestasi mereka akan terlupakan oleh zaman. 

"Kami tentu ingin membantu. Tapi mekanisme dan anggarannya belum jelas. Apalagi saat ini anggaran yang dimilik Dispora saat ini sangat minim sehingga tidak bisa berbuat banyak, " tambahnya.

Menurutnya, bantuan sebagai sebuah kebijakan harus bersifat umum dan berkelanjutan. Kondisi keuangan daerah saat ini dinilai belum siap untuk menjalankan program tersebut. Terlebih mantan atlet berprestasi yang dimiliki Rejang Lebong dirasa juga cukup banyak sehinggapemerintah daerah belum mampu memberikan bantuan secara utuh.

"Kami akan berupaya dan berusaha dalam memberikan bantuan, akan tetapi memang keterbatasan angaran kami tidak bisa berbuat banyak, " singkatnya. (cok)

Sumber: