Dana Hibah Pilkada 2024 Berlipat

Dana Hibah Pilkada 2024 Berlipat

DOK/RK : Ketua KPU Kabupaten Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, S.Sos--

RK ONLINE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang memastikan akan mengajukan dana hibah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Pengajuan hibah akan dilakukan KPU Kabupaten Kepahiang pada APBD Perubahan TA 2023 dengan estimasinya Pilkada pada November 2024.

Besaran dana hibah yang diajukan mencapai Rp 40 miliar. Dana hibah ini hampir 2 kali lipat besaran dana hibah Pilkada 2020. Kenapa dana hibah Pilkada kali ini diajukan lebih besar? Alasan KPU Kabupaten Kepahiang karena dimungkinkan ada kenaikan gaji penyelenggara Adhoc seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga ke tingkat bawah. 

Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, S.Sos menerangkan, dana hibah yang akan diajukan tersebut sebagai estimasi atau gambaran pihaknya untuk kebutuhan Pilkada November 2024. "Karena gaji penyelenggara adhoc membutuhkan anggaran yang sangat besar dan itu kita ajukan ke Pemkab Kepahiang pada APBDP 2023," kata Mirzan.

Selain pertimbangan terhadap kenaikan gaji penyelenggara adhoc, lanjut Mirzan, saat ini harga satuan barang juga mengalami kenaikan dari tahun lalu sehingga estimasi pengajuan dana hibah naik dari Pilkada sebelumnya. Kemudian, estimasi dana hibah Rp 40 miliar tersebut untuk 2 tahun tahapan yakni2023 dan 2024. Karena di 2023 tahapan Pilkada sudah mulai yang secara otomatis membutuhkan anggaran. "Terkait apakah nanti pengajuan dana hibah Rp 40 miliar bisa dakomodir atau tidak bukan wewenang kami. Karena pemberian dana hibah penyelenggaraan Pilkada itu menjadi tanggungjawab Pemkab," pungkas Mirzan.

Untuk diketahui, saat ini tahapan Pemilu Februari 2024 sudah dimulai dan setelah itu dilanjutkan dengan pelaksanaan Pilkada. Untuk Pemilu dilaksanakan pada 14 Februari 2024 untuk pencoblosan Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Bengkulu, DPRD Kabupaten Kepahiang yang seluruh anggaran ditanggung pemerintah pusat. Sementara Pilkada Kabupaten Kepahiang dilaksanakan 27 November 2024 yang semua kebutuhan anggaran ditanggung APBD Kepahiang melalui dana hibah. (and)

Sumber: