Desa Bukit Menyan Sukses Gelar Sedekah Bumi

Desa Bukit Menyan Sukses Gelar Sedekah Bumi

Sedekah bumi Desa Bukit Menyan Kecamatan Bermani Ilir--

RK ONLINE - Bertepatan dengan momen 1 Muharam 1444 H, Sabtu (30/7/22) Pemerintah Desa Bukit Menyan Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, menggelar kegiatan sedekah bumi. Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang didapatkan, sedekah bumi ini berlangsung ramai dan sukses.


Rangkaian sedekah bumi Desa Bukit Menyan--

Kades Bukit Menyan, Suweknyo menuturkan jika sedekah bumi yang digelar kali ini, merupakan yang perdana pascapandemi Covid-19. Kegiatan ini sendiri terakhir kali digelar oleh Pemdes Bukit Menyan, 2019 lalu dan sempat terhenti lantaran diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipicu pandemi Covid-19. 

 

"Alhamdulillah tahun ini sedekah bumi bisa kita gelar kembali. Tentunya sedekah bumi ini sendiri adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikanNYA," ujar Suweknyo.


Pemotongan tumpeng sedekah bumi di Desa Bukit Menyan--

BACA JUGA:Harga Cabai Bertahan Rp 95 Ribu Hingga Rp 100 Ribu Per Kilogram

Suweknyo mengungkapkan, sedekah bumi ini dapat terlaksana di Bukit Menyan atas dukungan penuh dari masyarakat. Sebagai bentuk dukungan itu sendiri, masyarakat bahkan rela menyumbangkan dana secara swadaya dan sukarela untuk memeriahkan kegiatan ini.

 

"Tentu antusias masyarakat sangat tinggi, kegiatan ini juga dapat terlaksana berkat dukungan mereka. Bahkan sebelumnya masyarakat sudah melaksanakan swadaya untuk kegiatan ini," lanjutnya.


Sedekah Bumi Bukit Menyan--

BACA JUGA:Desa dan Kelurahan Wajib Mutakhirkan Data Penduduk

Tidak hanya didukung kegigihan masyarakat desa setempat, Suweknyo mengaku kalau dirinya dan beberapa pihak swasta lainnya juga ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan sedekah bumi ini. Dimulai dari rangkaian mengarak beranekaragam janur buah, pantauan langsung Radarkepahiang.id sedekah bumi ini juga digelar dengan penyembelihan hewan kurban, tayyuban atau makan bersama lalu ditutup dengan acara hiburan.

 

Sumber: