Tetap Hujan

Tetap Hujan

DOK/RK : Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST--

RK ONLINE - Kabupaten Kepahiang masih diguyur hujan sekalipun disebut sudah memasuki musim kemarau. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST menjelaskan, Provinsi Bengkulu merupakan daerah pesisir barat sumatera adalah non zom atau zona musim. Sehingga dapat diprediksi akan ada hujan sepanjang tahun walaupun di musim kemarau. Menurutnya, penetapan musim kemarau berbeda di masing - masing wilayah. Perbedaan itu disebabkan oleh kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Saat ini musim sudah memasuki musim kemarau namun karena wilayah merupakan non zona musim. Bisa dikatakan bahwa kita tetap ada hujan sepanjang tahun walaupun dimusim kemarau," jelas Litman.

Dengan demikian, terang Litman, musim kemarau bukan berarti tidak terjadi hujan. Dalam penentuan musim, BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang

menggunakan beberapa kriteria. Dengan indikasi kemarau adalah jumlah atau intensitas hujan yang minim atau rendah. "Secara spesifik proses terjadinya hujan merupakan proses kompleks dinamika atmosfer yang melibatkan banyak faktor dan parameter keanekaragaman permukaan wilayah," papar Litman.

Dikaitkan dengan perubahan iklim, secara umum dijelaskan Litman, akan mempengaruhi karakteristrik labilitas atmosfer yang berdampak aktivitas manusia. Yakni pergeseran musim juga menjadi indikasi nyata perubahan iklim yang harus menjadi perhatian bersama. 

"Beberapa hari ke depan wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi diguyur hujan. Bahkan hujan yang akan terjadi berpotensi dengan intensitas tinggi 

disertai petir. Masyarakat tetap waspada dari sejumlah bahaya yang mengancam seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan sejumlah bencana alam lainnya," terang 

Dari hasil perkiraan cuaca pihaknya, lanjut Litman, hujan terjadi pada siang hari sekira pukul 13.00 WIB dengan intensitas tinggi disertai petir dan sorenya berawan. Selanjutnya suhu berada pada 21 - 31 derajat celcius, kecepatan angin 10 KM per jam dan kelembaban 65 - 100 persen. "Untuk cuaca di malam hari nampaknya masih akan terasa dingin karena beberapa hari ke depan suhu di Kabupaten Kepahiang mencapai 31 derajat celcius," tutupnya. (rmf/and)

Sumber: