Sudah 9 Sekolah Disasar Program Bina Remaja

Sudah 9 Sekolah Disasar Program Bina Remaja

DOK/RK : Kepala Kantor Kemenag Kepahiang H. Lukman, S.Ag M.Hi--

RK ONLINE - Hingga Juli 2022 ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang sudah menyasar 9 sekolah tingkat SMA untuk melaksanakan program bina remaja sekolah, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pernikahan dini.

Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag, MH mengatakan, program itu nantinya akan berlanjut sampai dengan akhir tahun ini. Yakni guna mengantisipasi pernikahan dini di Kabupaten Kepahiang yang berdampak pada beberapa hal, maupun upaya pencegahan dampak-dampak perceraian akibat dari pernikahan dini. 

"Jadi dengan adanya perubahan peraturan perundang-undangan, sekarang usia minimal menikah bagi wanita adalah 19 tahun. Dengan aturan ini, peserta yang terdiri dari Risma dan organisasi pemuda dapat mensosialisasikannya agar tidak ada lagi pernikahan di bawah umur dan mencegah pernikahan dini. Nah ini diharapkan dapat disosialisasikan oleh KUA dan jajarannya, bahkan program bina remaja sekolah yang juga kita galakkan," sampai Lukman.

Dijelaskan Lukman, bimbingan tersebut memberikan pengetahuan tentang pernikahan serta tata cara pernikahan dengan menyasar usia muda. Bimbangan ini dinilai cukup penting. Di mana mereka akan lebih memahami baik buruknya pernikahan berdasarkan kematangan usia. Baik dari segi agama, pemerintahan dan peraturan hukum yang berlaku. "Bagaimana remaja dapat mengetahui aturan pernikahan sesuai undang-undang yang berlaku, ini juga bisa memberikan pemahaman bagaimana dampak pernikahan dibawah umur," jelas Lukman.

Sementara itu, Lukman berharap KUA juga melakukan sosialisasi pada penyuluh dan Kantor Urusan Agama mengenai perubahan peraturan perundang-undangan yang mengatur usia pernikahan tersebut, sosialisasi untuk mencegah adanya pernikahan di bawah umur.

"Tak dapat dipungkiri, tetap saja ditemukan adanya kultur bahwasannya pernikahan di bawah umur di Kabupaten Kepahiang tetap terjadi. Dengan adanya peraturan ini, harapan kita gencar disosialisasikan," tutupnya. (rfm)

Sumber: