Pekerja Kotaku Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

Pekerja Kotaku Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

DOK/RK : SOSIALISASI : BPJS Ketenagakerjaan Cabang Curup saat melakukan sosialisasi dengan pekerja Program Kotaku.--

RK ONLINE - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam menjamin pekerjanya dari kecelakaan kerja yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Kerjasama tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Askot Mandiri Kotaku Rejang Lebong, Mardianto, S.Hut mengatakan di tahun 2022 ini pihaknya melaksanakan kegiatan berupa pembagunan lanjutan di dua titik. Yaitu di Desa Watas Marga dan di Kelurahan Talang Benih berupa pembangunan gedung dan bank sampah.

"Di tahun ini ada dua titik pembangunan yang akan dilakukan. Program tersebut adalah program lanjutan yang sudah dilaksanakan tahun sebelumnya, " ujarnya. 

Dirincikannya, pembangunan yang dimaksud adalah peningkatan pengembangan pengelolaan persampahan TPS-3R dan bank sampah dengan pagu angaran Rp 1 Miliar. Masing-masing BKM mendapatkan sebesar Rp 500 juta yang disalurkan melalui rekening.

"Dalam pelaksanaanya BKM harus membentuk KSM yang berasal dari warga sekitar. Dengan kata lain dalam pelaksanaan program Kotaku ini dikerjakan oleh masyarkat sendri, " ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Curup, Indro Agus Febrianto mengatakan sosialisasi serta kerjasama yang dilakukan saat ini sudah lama dibagun. Hanya saja pelaksanakan program Kotaku ini dimulai pertengahan tahun. Dengan kerjasama ini, pihaknya bukan hanya menjamin kecelakaan dan kematian pekerja saja. Pihaknya juga siap melakukan kerjasama dalam jaminan pembangunan yang bersifat fisik.

"Kami mengimbau kepada seluruh kontraktor selain mendaftarkan para pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, kontraktor juga bisa mendaftarkan fisiknya yang akan dibangun. Program ini sudah kami sosialisaikan kepada pemerintah daerah masing-masing. Seperti Kepahiang, Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong, " singkatnya. (cok)

Sumber: